1730 Warga Alor Peringati HUT RI ke-77 di Padangsul Tingkat Kecamatan Pantar Timur

473
Detik-detik pengibaran bendera merah putih peringati HUT RI ke-77 tingkat Kecamatan Pantar Timur tahun 2022 di Padangsul.

BIDIKNEWS.id, Alor - Ribuan warga Alor di Pulau Pantar merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tingkat Kecamatan Pantar Timur di Padangsul, Desa Kaera, Kecamatan Pantar Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, 17 Agustus 2022.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Hari Ulang Tahun RI Ke-77 Tahun 2022 tingkat Kecamatan Pantar Timur, Agusthinus M. S. Lahal, S.Sos.

"Yang hadir mengikuti HUT RI ke 77 di Desa Kaera berjumlah 1730 (orang). Itu yang hadir dari tiap Desa sampai dgn hari H (17 Agustus 2022) kit sudah tidak mendata (jumlah peserta upacara) lagi," ujar Agusthinus kepada Bidik News, Kamis (18/8/2022).

Advertise

Sebelumnya, Sekretaris Kecamatan Pantar Timur ini membeberkan sejumlah agenda saat dikonfirmasi Bidik News ada Sabtu 13 Agustus 2022.

Camat Pantar Timur, Baktir Kou, SH (podium) saat menjadi Inspektur atau Pembina Upacara pengibaran bendera merah putih peringati HUT RI ke-77 tingkat Kecamatan Pantar Timur di Padangsul.

"Kegiatan (perayaan HUT RI) ini, pasukan paskibraka kita sudah bergerak keatas (Padangsul) dan kita sesuaikan dengan kondisi lapangan dan kegiatan-kegiatan diatas itu dari seksi acara ada buat, tanggal 16 (Agustus) itu pengukuhan, kemudian tanggal 17 (Agustus) selepas pengibaran bendera itu ada lomba Poco-Poco antara Desa (se-Kecamatan Pantar Timur), Lomba Lari Karung Para Kepala Desa (se-Kecamatan Pantar Timur), Lomba makan kerupuk para Ketua BPD (se-Kecamatan Pantar Timur). Lalu jam 2 (siang) itu kita penurunan bendera," bebernya.

"Pasukan paskibraka itu, 10 orang SMA di Kaera, sedangkan dari 21 orang itu dari SMK Negeri Bakalang," lanjut Sekcam Pantar Timur.

Lebih lanjut, kata Agusthinus, jumlah peserta utusan per tiap Desa sebanyak 50 orang. Namun kata Dia, peserta yang akan mengikuti lebih dari yang diperkirakan.

"Utusan dari tiap Desa itu ada 50 orang, tetapi saya sudah dapat sinyal bahwa tidak mungkin 1 Desa mengirimkam 50 orang, sepertinya membludak antusias dari tiap Desa," ujar Agusthinus.

Malam pengukuhan paskibraka tingkat Kecamatan Pantar Timur di Padangsul.

Camat Pantar Timur, Baktir Kou, SH., sendiri yang bertindak sebagai Inspektur atau Pembina Upacara pengibaran Bendera Merah Putih peringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tingkat Kecamatan Pantar Timur di Padangsul.

Selain masyarakat per Desa di Kecamatan Pantar Timur, beberapa elemen lainnya pun dilibatkan antara lain dari kesehatan Puskesmas Bakalang dan Puskesmas Tamalabang, kemudian Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pantar Timur, UPT-UPT, Kapospol, Danposramil dan TNI-POLRI serta elemen masyarakat lainnya.

Laporan/Editor: Markus Kari