7 Pilihan Permainan Anak yang Mendidik, Coba Yuk!

24
https://www.pexels.com/photo/a-woman-playing-with-children-6213176/
https://www.pexels.com/photo/a-woman-playing-with-children-6213176/

Bermain sudah pasti menjadi aktivitas yang disukai oleh anak-anak. Lewat kegiatan bermain tersebut, anak ternyata bisa mendapatkan banyak manfaat. Tak hanya membuat anak merasa senang, aktivitas bermain juga bisa membuat anak semakin cerdas. Ada banyak pilihan permainan anak yang mendidik dan dinilai efektif untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil.

7 Jenis Permainan Anak yang Mendidik dan Manfaatnya

Di masa pertumbuhannya, anak perlu mendapatkan dukungan yang optimal agar kecerdasannya berkembang dengan baik. Tak hanya lewat kegiatan belajar formal, pendidikan anak juga bisa didapatkan lewat aktivitas bermain. Berikut ini adalah 7 jenis permainan yang baik untuk anak dan bermanfaat:

1. Puzzle

Pilihan permainan pertama yang sangat baik untuk dimainkan oleh anak adalah puzzle. Jenis permainan ini akan membuat anak menghabiskan waktu luang sambil mengasah kecerdasan otak. Lewat permainan ini otak anak akan diajak untuk mengenali bentuk dan menyusun bentuk tersebut dengan baik. Selain itu, puzzle juga akan melatih perkembangan motorik halus anak karena mengajak anak untuk menyusun kepingan puzzle secara teratur.

2. Pasir Kinetik

Advertise

Bermain pasir kinetik ternyata juga bisa membantu mengoptimalkan kecerdasan anak. Pasir kinetik dikenal juga di pasaran dengan nama pasir ajaib dan bisa memberikan banyak pelajaran bagi si kecil. Dengan bermain pasir kinetik, anak bisa belajar tekstur dan melatih motorik halusnya. Selain itu, permainan ini juga akan mengenalkan anak dengan berbagai jenis bentuk dan melatih kreativitas anak dalam membentuk pasir kinetik.

Namun permainan pasir kinetik ini perlu pendampingan dari orang tua atau orang dewasa lainnya. Apalagi untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun, yang bertujuan untuk menghindari risiko pasir tertelan. Permainan pasir kinetik ini juga bisa jadi alternatif daripada bermain pasir biasa karena tingginya risiko infeksi bakteri.

3. Dough

Bermain dough juga bisa jadi pilihan permainan indoor anak yang mendidik dan bermanfaat. Dough merupakan media yang bisa memperkuat jari-jari si kecil. Permainan ini akan melatih motorik halus sekaligus membuat anak jadi lebih kreatif. Warna-warna dough juga akan membuat anak mengenal lebih banyak warna. Namun jenis permainan ini hanya bisa dimainkan untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas dengan pengawasan orang tua.

4. Permainan Profesi

Orang tua juga bisa memberikan anak set mainan karakter atau profesi. Misalnya saja mainan dokter-dokteran, mainan make up, dan mainan karakter lainnya. Ini juga menjadi salah satu rekomendasi permainan anak yang mendidik sekaligus bisa memberikan pengalaman menyenangkan bagi si kecil. Lewat permainan ini anak jadi mengenal lebih banyak profesi dan bisa melatih kreativitas anak dalam berimajinasi.

Jenis permainan ini sangat cocok dimainkan sedini mungkin bahkan oleh anak-anak di bawah 2 tahun. Mengenal aneka jenis profesi sejak dini memberikan manfaat yang sangat baik bagi anak. Orang tua juga bisa menemani anak bermain sehingga anak bisa belajar berinteraksi sesuai dengan mainan profesi atau karakter yang mereka mainkan.

5. Balok Susun

Permainan balok susun juga sangat bagus untuk dimainkan oleh anak-anak. Jenis permainan ini akan melatih anak mengenal bentuk dan warna. Pilih jenis balok susun yang terbuat dari material aman untuk anak dan memiliki banyak warna. Permainan balok susun ini juga akan melatih motorik halus si kecil. Anak-anak usia 2 tahun sudah bisa mulai bermain balok susun di bawah pengawasan orang tua.

6. Board Game

Permainan papan atau board game juga bisa jadi pilihan cara untuk mengedukasi anak. Ini merupakan jenis permainan anak SD yang mendidik dan sangat baik untuk perkembangan otak. Lewat permainan papan, anak bisa mengasah kreativitas serta kemampuan otaknya dalam berpikir. Jenis board game pun sangat bervariasi sesuai topiknya, mulai dari permainan susun kata, bentuk, warna, dan lain sebagainya.

Board game ini juga bisa jadi salah satu solusi belajar bahasa yang menyenangkan. Misalnya saat anak ingin belajar bahasa Inggris, maka penggunaan media board game ini bisa jadi pilihan tepat. Anak dapat mengenal lebih banyak kosa kata dengan cara yang tidak membosankan karena sambil bermain game. Tentunya orang tua juga bisa mendampingi anak saat memainkan board game  sehingga membuat anak menjadi lebih bahagia.

7. Origami

Pilihan permainan edukatif berikutnya yang bisa diberikan kepada anak adalah origami. Seni melipat kertas asal Jepang ini mungkin terdengar sederhana namun memiliki manfaat yang sangat bagus bagi perkembangan otak anak. Melipat kertas origami akan melatih motorik halus anak serta mengembangkan kreativitas anak. Permainan ini juga akan membuat anak mengenal beragam jenis bentuk serta warna.

Dalam satu set mainan kertas origami biasanya sudah ada petunjuk untuk membuat aneka jenis bentuk. Anak-anak bisa melipat kertas origami dengan mengikuti petunjuk tersebut. Ini juga menjadi sebuah kegiatan yang sangat baik untuk dilakukan oleh anak karena akan melatih kemampuan otaknya dalam berpikir dan mengikuti alur petunjuk.

Produk permainan origami untuk edukasi anak bisa didapatkan di Blibli. Blibli menyediakan aneka pilihan origami berkualitas yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Selain origami, Blibli juga menghadirkan banyak pilihan produk mainan edukatif lainnya yang membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak. Tentunya mainan edukatif yang dihadirkan memiliki standar kualitas yang sesuai dengan penggunanya.

Belanja mainan anak kini semakin mudah dan praktis bersama Blibli. Blibli menjadi pilihan e-commerce yang tepat untuk berbelanja aneka jenis produk mainan anak. Selain kualitas produk terjamin, Blibli juga menawarkan harga paling bersahabat. Dapatkan aneka jenis produk permainan anak yang mendidik hanya di Blibli sekarang juga! Manfaatkan beragam jenis promo untuk mendapatkan produk mainan dengan harga terbaik!