Acara “Kapu Kanggo” Warnai Perayaan Misa Malam Natal di Stasi Paundoa

417

BIDIKNEWS.id, Manggarai Timur— Misa malam Natal di Stasi Paundoa, Paroki Waerana pada Kamis (24/12/2020) begitu istimewa. Untuk pertama kalinya, misa perayaan Natal digelar di tempat tersebut sejak berdirinya beberapa tahun yang lalu. Konon, Paundoa merupakan Daerah yang sangat kental dengan tradisi khas etnik ‘Rongga’. Di sanalah, nilai-nilai dan budaya leluhur yang nyaris hilang di telan zaman, masih terpelihara dan bertahan.

Malam tampak sunyi. Suara desiran angin bertiup sepoi-sepoi. Tepat pukul 07:00, para penghuni kampung sudah memadati tempat tersebut. Acara pembukaanpun dimulai. Lantunan suara gong dan gendang menghantar para petugas liturgi menuju altar. Acara “kapu Kanggo” yang dibawakan salah satu tokoh adat setempat, menandakan perayaan misa Natal akan segera dimulai. Begitu tenang dan damai. Kehadiran Yesus sang Juru Selamat, rupanya begitu didambakan umat yang dengan tekun mengikuti rangkaian acara Natal malam itu.

Romo Kristo yang memimpin misa, dalam khotbahnya mengaku senang dan gembira. Ia merasa istimewa, karena dirinya Imam pertama yang memimpin misa Natal di Stasi Paundoa.

“Saya begitu istimewa, menjadi pastor pertama yang memimpin perayaan Natal di Stasi ini,” ungkap Romo Kristo.

Ia mengatakan, menyambut Sang Mesias, tidak harus baju baru, sepatu baru dan lain sebagainya. Akan tetapi kesiapan hati dalam diri, menjadi tolok ukur bagi umat Katolik.

“Tokoh Yesus yang hendak kita rayakan, lahir di Kandang yang hina dan menyedihkan. Namun, kehadiranNya di dunia, mampu memberikan kita keselamatan dan menghapus segala dosa manusia,” ucap Pastor Kristo.

Paus Benediktus, Kata Dia, telah berpesan untuk memaknai perayaan Natal Tahun ini dimana Yesus datang membawa terang bagi kita, bagi hati kita, bagi tutur kata kita, bagi tindakan kita, serta menjadi terang untuk sesama. Kehadirannya mampu menghancurkan segala dosa yang telah kita perbuat selama ini,” tutup Pastor Kristo.

Ratusan Umat begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian acara Natal. Semuanya berlangsung aman, tenteram dan damai.

Laporan: Konributor Bidik News_ Gabriel Sarong
Editor.   : Nardi Jaya