Aksi tuntutan AMB dan Eks Perangkat Desa se-Mubar berakhir damai

482

Muna Barat, bidiknews.id – Aliansi Masyarakat Bergerak (AMB) dan eks perangkat desa dari 36 desa di Kabupaten Muna Barat (Mubar) melakukan aksi tuntutan di kantor Bupati Muna Barat. Pemerintah Daerah (Pemda) Mubar menyambut baik demonstran yang tiba di gedung kantor bupati Muna Barat, pada Senin (27/07/2020).

Nampak Aparat keamanan dari Polres Muna serta Satuan Polisi Pamong Praja sedang berjaga, sementara para pendemo yang jumlahnya ratusan orang tetap tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

Dalam orasinya AMB dan Eks perangkat desa dari 36 desa se-Mubar menuntut 3 poin, yaitu mengaktifkan kembali eks perangkat desa yang masih memenuhi syarat, Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan Mendesak Pemda Mubar mengambil keputusan tentang tuntutan AMB dan eks perangkat desa.

Advertise

Baca Juga

Pantauan Bidik News di lapangan, aksi orasi demonstran berlangsung cepat, hal ini karena Pemda Mubar langsung memberi ruang untuk melakukan audiensi. Kordinator lapangan (Korlap), Muhammad Gustam mengucapkan terimakasih kepada Pemda Muna barat yang telah memberikan ruang untuk berdialog menanggapi tuntutan pemberhentian dan pengangkatan perangkatan desa.

“Dari hasil dialog bersama Pemda melalui Wakil Bupati Mubar dengan Respon sangat baik karena akan menindak lanjuti dan membentuk tim investigasi untuk memproses tuntutan dari 36 desa se-Mubar dan secepatnya memberikan keputusan terkait tuntutan kami,” Jelas Gustam saat memberikan keterangan pers terkait aksi ini.

Gustam yang juga adalah Ketua BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHO itu menegaskan agar Pemda Mubar dapat memberikan keputusan yang pasti dan sesuai dengan regulasi hukum yang ada tentang Pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa.

“Apabila Pemda Mubar tidak memberikan keputusan sesuai waktu yang telah ditentukan, maka AMB dan eks perangkat desa akan melakukan gerakan yang lebih besar lagi karena hanya kematian yang menghalangi perjuangan suci ini.” tutup Gustam.

Laporan : Biro Sultra_Munawir, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News