AMB dan Eks Perangkat Desa se-Mubar menggugat!. Bupati pro Inkonstitusional?

151

Muna Barat, bidiknews.id – Aksi demonstrasi menuntut Bupati Muna Barat, L.M Rajiun Tumada mengaktifkan kembali atau mengembalikan jabatan para perangkat desa yang diberhentikan akan digelar di depan Kantor Bupati Mubar.

Seluruh Masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Aliansi Masyarakat Bergerak (AMB) dan Eks perangkat desa di Muna Barat (Mubar) berencana menggelar aksi damai di Kantor Bupati Mubar, besok, Senin (27/7/2020).

“Insyaallah, besok kita akan aksi,” kata jenderal lapangan AMB Muna Barat, Muhammad Gustam saat konfirmasi, Minggu (26/7/2020).

Advertise

Baca Juga

Hal itu juga dipertegas oleh Rusman Malik, S.H. yang menjadi penanggung jawab dalam aksi besok. Rusman menjelaskan, aksi akan dimulai pukul 09.00 WITA. Surat pemberitahuan aksi, kata dia, juga sudah dikirimkan ke Polres Muna.

“Kita sudah penuhi semua prosedurnya. Tinggal besok pelaksanaannya,” ujar Rusman Malik saat ditemui di salah satu warkop di bilangan Desa Wapae.

Rusman mengatakan aksi besok akan diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat dan eks perangkat desa di Mubar.

“Estimasi jumlah massa sekitar 1.020 orang. Tuntutannya agar perangkat desa lama yang diberhentikan sepihak dikembalikan jabatannya,” katanya.

Seperti diketahui, 127 Perangkat desa yang berasal dari 27 desa di 10 Kecamatan di Mubar diberhentikan secara sepihak tanpa ada alasan hukum yang jelas. Pemberhentian itu dilakukan kepala desa masing-masing melalui rekomendasi camat setempat.

Pemberhentian perangkat desa sepihak itu dinilai telah bertentangan dengan aturan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan mentri dalam negeri nomor 83 Tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dan peraturan bupati nomor 12 tahun 2020 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Sebelumnya, pada tanggal 29 Juni 2020 lalu, para eks perangkat desa itu juga sudah melayangkan surat keberatan namun dalam jangka waktu kerja 7 hari, Pemda Mubar belum memberikan balasan.

Laporan : Biro Sultra_Munawir, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News