Banjir Soppeng, IZI dan SIT Ar-Rahmah Sambangi Masyarakat terdampak Banjir

28

Soppeng, bidiknews.net – Tim Tanggap Bencana Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sul Sel bekerjasama dengan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ar Rahmah, menyalurkan paket sembako kepada masyarakat Sopeng terdampak Banjir.

Banjir yang terjadi pada 11 januari 2020, masih menyisahkan puing-puing sampah dan kotoran disekitar tempat tinggal warga kelurahan Attang Salo dan Kelurahan Kaca, Kec. Marioriawa, Kab. Soppeng.

Sebanyak 191 KK yang bermukim di Kelurahan Kaca merasakan banjir kiriman tersebut. Dan sebanyak 203 KK kelurahan Attang Salo masih merasakan serpihan sampah dari air banjir.

Advertise

Baca Juga

Berdasarkan informasi dari pemerintah setempat, banjir ini merupakan kiriman air dari Barru.

“Iya, banjir ini merupakan kiriman air dari Barru, dan juga merupakan banjir terparah sepanjang 20 tahun terakhir ini”. Tutur Pak Sudharmono, Lurah Kaca, Kec. Marioriawa.

Melihat bekas ketinggian air dan juga berdasarkan pengakuan masyarakat, ketinggian air di kelurahan Kaca mencapai 1 meter, sementara ketianggian air di kelurahan Attang Salo mencapai 2 meter.

Banjir yang cukup deras menyebabkan 3 rumah warga berpindah posisi karena terseret arus hingga 20 meter.

“Rumah saya ini kurang kuat, jadi waktu air banjir datang, setinggi 2 meter langsung mendorong rumah saya. Untungnya ada pohon besar ini yang buatnya tersangkut”. Ungkap Pak Irwan, warga yang rumahnya terseret arus.

Selain ini, beberapa fasilitas umum juga terdampak banjir ini, diantaranya: 1 unit Masjid, 3 unit Sekolah (2 SD dan 1 TK), 1 unit Pondok Bidan, 1 unit Posyandu dan Kantor Lurah Kaca.

Salah satu warga, sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan. Semoga Allah SWT memberikan rezki kepada seluruh donatur yang telah membantu kami. Amiin