Batal Dilantik, Kemendagri Belum Keluarkan Keputusan Status Kewarganegaraan Orient Riwu Kore

359

BIDIKNEWS.id, Kupang – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum mengeluarkan keputusan terkait status kewarganegaraan bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Orient Riwu Kore. Sementara itu, tiga dari empat pasangan bupati lainnya belum dilantik karena masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) yakni Kabupaten Belu, Malaka, dan Sumba Barat.

“Sabu Raijua masih berproses di Kemendagri dan Belu, Malaka, Sumba Barat masih di MK. Jadi, yang dilantik besok itu lima kabupaten pada tahap pertama ini,” ujar Kepala Biro Tatapem Setda NTT Doris Rihi, melansir Kompas.com

Ia menjelaskan, Sebanyak lima pasangan Kepala Daerah terpilih dalam Pilkada 2020 akan dilantik di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) hari ini, Jumat (26/2/2021).

“Lima pasangan bupati terpilih yang dilantik yakni Djuandi David-Eusabius Binsasi dari Kabupaten Timor Tengah Utara, Andreas Paru-Raymundus Bena dari Kabupaten Ngada, Herybertus Nabit-Heribertus Ngabut dari Kabupaten Manggarai, Edistasius Endi–Yulianus Weng dari Kabupaten Manggarai Barat dan Kristofel Praing-David Melo Wadu dari Kabupaten Sumba Timur,” jelas Doris.

Pelantikan tersebut, kata Dia, akan dilakukan secara offline di aula rumah jabatan Gubernur NTT, pukul 15.00 WITA.

 

Penulis: Nardi Jaya