Beberapa Kecamatan di Jombang Lumpuh Total Akibat Banjir

714

BIDIKNEWS.id, Jombang – Hujan deras yang terus menerus, mengakibatkan debit air di beberapa sungai diwilayah kabupaten Jombang meninggi, diantaranya wilayah kecamatan Bareng, kecamatan Mojoagung dan kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Di Kecamatan Bandar Kedungmulyo ada dua Desa yang terdampak banjir, yaitu Desa Brangkal dan Desa Gondangmanis. Dari penelusuran Bidik News, Desa Gondangmanis yang lebih parah dibandingkan lainnya.

Pantauan Bidik News di lokasi bencana kamis sore 4/1/21 banjir sudah mulai merambah ke jalan raya sekitar pukul 09.00 siang. Semula dari wilayah dekat palang pintu KA akhirnya pada sore jam 17.00 WIB, deru air dari persawahan semakin deras.

Di wilayah Gondang manis sampai merendam jalan Raya jurusan Kertosono Jombang sejauh 1 km, ketinggian air dijalan raya ini mencapai lutut orang dewasa.

Kades Gondangmanis Lukman hakim saat dikonfirmasi Bidik News, beliau mengatakan, air berasal dari sungai kanal dan sungai Brawijaya yang berada di dusun Manissrenggo dan Dusun Prayungan Desa Gondangmanis meluber diatas tanggul akibat ada 5 titik tanggul sungai yang putus.

Yang paling parah adalah putusnya tanggul sungai kanal di dusun Prayungan sepanjang 20 meter.
kejadianya kamis 4/1/21 dini hari jam 03.00 WIB,

“Kami sudah berupaya untuk antisipasi dengan tumpukan karung berisi pasir namun debit air meninggi dan laju terlalu kencang shingga tanggul tidak bisa diatasi, akhirnya air meluber dengan cepat dan merendam wilayah Desa kami.” Ungkap Kades Gondangmanis

Di Desa Gondang manis, sedikitnya ada 4 dusun yang terdampak, diantaranya dusun Manissrenggo yang terendam seratus persen, Kandangan, Prayungan dan Gondangmanis, yang selamat hanya Dusun Gondanglegi karena air terhadang oleh tanggul sungai konto.

Meskipun demikian, dalam musibah ini tidak ada korban jiwa, hanya Gedung SMA Bandar tergenang air, serta persawahan sekitaran sekolah lebih dari 100 ha tenggelam.

Sampai berita ini ditulis, air terlihat belum ada tanda tanda surut.

Laporan : Biro Jatim _ Kuswanto/Mul
Editor : Redaktur Bidik News