Belum Sebulan Dibuka, Obyek Wisata Waerebo Ditutup Kembali

135

Manggarai, bidiknews.id – Obyek Wisata Waerebo yang terletak di Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, saat ini kembali ditutup setelah sebelumnya dibuka pada 6 September lalu. Penutupan tersebut menyusul berita meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Manggarai belum lama ini.

Frans Mudir, Ketua Lembaga Pelestarian Pariwisata Waerebo (LPPW), kepada Bidik News, mengatakan, pihaknya harus mendengar masyarakat jika Obyek Wisata terkenal tersebut harus ditutup untuk sementara waktu.

“Tergantung kesepakatan bersama seluruh Masyarakat. Walaupun dalam kunjungan kerja Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laskodat pada 6 september lalu, untuk membuka kembali Obyek Wisata Waerebo; namun Saya sebagai ketua LPPW harus selalu mendengar suara masyarakat bahwa Waerebo ditutup kembali, sambil menunggu berakhirnya wabah covid-19,” ujar Frans.

Advertise

Baca Juga

Dia menjelaskan, penutupan tersebut sebelumnya dilakukan musyawarah bersama selurah Masayarakat Waerebo belum lama ini, di Rumah Gendang Waerebo. Kesepakatannya, Obyek Wisata Waerebo harus ditutup Kembali.

Hal senada diungkapkan Walter Rahmat tokoh Muda selaku petugas Kesehatan yang bekerja di Waerebo. Dirinya menyatakan ketidaksiapan menerima tamu untuk sementara waktu di tempat pariwisata.

“kalau kita tetap buka untuk umum di masa pandemi ini, maka akan berdapak buruk. Fasilitas kesehatan seperti APD kurang memadai,” jelas Walter

Diketahui, Wae Rebo merupakan sebuah tempat yang bersejarah sehingga menjadi situs warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2012 yang silam. Letak yang strategis di atas ketinggian1.200 meter itu, membuat para wisatawan menyebutnya dengan julukan kampung di atas awan.

Wisata desa Wae Rebo justru lebih populer di mata pengunjung asing dari Negara-negara di Eropa. Umumnya mereka datang karena tertarik desain arsitektur bangunan kuno yang memiliki daya tarik tersendiri.

Laporan : Timotius Versi
Editor : Bidik News