Bupati Matim: Partisipasi Semua Pihak Rumus Efektif Kalahkan Covid 19

104

BIDIKNEWS.id, Manggarai Timur– Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas memantau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis kedua dari tahap 1 untuk 10 pejabat publik dan tenaga kesehatan di puskesmas Borong, Rabu (17/2/2020).

“Covid-19 ini harus kita kalahkan. Gotong royong dan partisipasi semua pihak adalah rumus paling efektif saat ini,” ungkap Andreas.

Ia mengatakan, vaksinasi adalah hak sekaligus kewajiban semua orang untuk menyelamatkan diri dan orang lain. Semua orang berkewajiban melakukan edukasi kepada publik terkait vaksin Covid-19, supaya tingkat partisipasi dan kesadaran masyarakat meningkat.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur akan bekerja sekuat tenaga untuk menyelamatkan rakyatnya dari pandemi Covid-19.

Publik Manggarai Timur, kata Dia, harus mendapat informasi dan pembelajaran dari mereka yang sudah berstatus penyintas Covid 19, khususnya bagaimana tips bisa sembuh.

“Informasi melalui video-video testimoni masyarakat yang sudah mengalami proses karantina baik terpadu maupun mandiri sangat penting. Pengalaman mereka akan sangat mempengaruhi orang yang sedang menjalani isolasi, bahkan menaikan semangat mereka yang sedang dalam kondisi terpapar. Motivasi untuk sembuhnya meningkat,” ujar Andreas.

Ia berharap para tenaga kesehatan selalu dan tetap semangat menangani mereka yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri maupun terpadu.

“Bagi tenaga kesehatan, tetap jaga kesehatan. Terapkan prokes saat bertugas,” ungkapnya.

Ia juga meminta agar Satgas mempercepat gerak langkah untuk meningkatkan penyerapan vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan tahap 2.

“vaksinasi tahap 1 Matim sudah mencapai 93 persen. Dan tentu hal ini patut kita apresiasi bersama,” pungkasnya.

 

Sumber: Prokopim Matim