Debat Kandidat Calon Ketua Umum, Kamarudin Dan Maley Rebut 01 HMI Cabang Alor

BIDIKNEWS.id, Alor - Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Alor melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) ke-VI bertempat di Aula Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, 20-27 Januari 2023.

Dalam Konfercab tersebut, dilakukan pergantian Ketua Umum guna melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Jamaluddin Bain Demang masa jabatannya 2020-2022 akan berakhir.

Untuk melihat kualitas dan kuantitas Calon Ketua Umum HMI Cabang Alor di periode selanjutnya, Steering Committee (SC) Konfercab ke-VI melakukan Debat Kandidat Uji Visi Misi Calon Ketua Umum HMI Cabang Alor periode 2023-2024 yang berlangsung pada Rabu, 25 Januari 2023 bertempat di Aula Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan.

Ketua Umum HMI Cabang Alor Jamaluddin Bain Demang kepada Bidik News mengatakan, Calon Ketua Umum HMI Cabang Alor sebanyak 2 orang yakni Kamarudin Lelang dan Habibi Maley.

"Para Calon Ketua Umum beradu ide dalam debat. Dua Calon kandidat yang mengikuti debat kandidat adalah Kamarudin Lelang sebagai kandidat 01 dan Habibi Maley sebagai kandidat 02," bebernya.

Pada Debat Kandidat ini, bertindak sebagai  Moderator adalah Sulastri Lau dan Panelis pada debat ini yaki Rahmad Nasir M.Pd (Dosen STKIP Muhammadiyah Kalabahi) dan Adnan Tolang S.Pd (BPL HMI Cabang Alor/ Aparatur Desa Motongbang) serta Audiens yang hadir ialah seluruh kader komisariat di lingkup HMI Cabang Alor.

Kegiatan ini dibagi dalam lima sesi. Pada sesi pertama, setiap Calon Kandidat Ketua Umum HMI Cabang Alor periode 2023-2024 memperkenalkan CV dan penyampaian visi dan misi selama tujuh menit. Dilanjutkan dengan yel-yel masing-masing pendukung tiga menit.

Kemudian pada sesi kedua, kedua kandidat Calon Ketua Umum HMI Cabang Alor periode 2023-2024 saling bertanya dengan satu kali feedback atau setelah Calon Kandidat yang diberikan pertanyaan menjawab pertanyaan yang diberikan.

"Mereka diberikan kesempatan untuk (saling)  memberikan tanggapan," tandas Jamal panggilan akrabnya Jamaluddin Bain Demang.

Pada sesi ketiga, lanjutnya, kedua Panelis Rahmad Nasir dan Adnan Tolang memberikan pertanyaan kepada para Calon Kandidat Ketua Umum HMI Cabang Alor periode 2023-2024.

"Para kandidat Calon Ketua Umum menjawab pertanyaan dari para panelis berdasarkan yang akan mereka realisasikan jika terpilih menjadi ketua Umum HMI Cabang Alor periode 2023-2024," sebutnya.

Alumnus Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi ini menambahkan, pada sesi ke empat, giliran Audiens yang terdiri dari pengurus komisariat dan anggota yang memberikan pertanyaan kepada kedua Kandidat dan kandidat langsung menjawab.

"Pada sesi kelima, closing statemen dari masing-masing kandidat," pungkas Jamal.

Perlu diketahui, Debat kandidat Calon Ketua Umum HMI Cabang Alor periode 2023-2024 merupakan agenda terakhir yang diikuti oleh anggota HMI sebelum memasuki Forum Konferensi Cabang (KONFERCAB) ke-VI HMI Cabang Alor.

"Dimana Pemilihan Ketua Umum dilakukan pada pleno keempat yang digelar jumat 27 januari 2023 hari ini," tutup Jamal.

Laporan/Editor: Markus Kari