DIALOG TENTANG PLURALISME, IPMABA HADIRKAN BEBERAPA ORGANDA NTT

9

Makassar, BIDIK_NEWS.COM
Bazar dan dialog yang di pelopori oleh Ikatan Pelajar Marica Baranusa (IPMABA) Alor NTT Makassar, pada selasa 26/12/2017 di Kafe Perintis menghadirkan beberapa organda NTT. Diantaranya HIPMAN, HIMALA, PERSMA dan beberapa organda lainnya.

Hadir sebagai Narasumber pada dialog ini adalah seorang tokoh Nasionalis; Nur Ramadhan Laudu, dengan tema “Menjunjung tinggi nilai Pluralisme”. Tema yang sedikit menggelitik ini menjadikan diskusi berjalan begitu menegangkan dan harmonis serta kekeluargaan.

Banyak pertanyaan dan pernyataan yang di ijabah tuntas oleh Narasumber, sampai pada masalah intim dalam keagamaan pun. Nilai nilai toleransi yang sudah terkonsepkan oleh leluhur yang sarat dengan norma norma kesusilaan dibahas dan dibedah dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami menjadikan diskusi ini penuh dengan pesan moral yang luar biasa.

Advertise

Baca Juga

“Orang Alor sebenarnya tidak perlu belajar Pluralisme, karna budaya toleransi yang mereka miliki adalah pengejawantahan total ayat ayat Pancasila yang terkandung dalam batang tubuh Pancasila” terang Ragen, sapaan alumnus UIN Alauddin Makassar ini.

Konsep bazar yang di desain dan di rangkaian dengan dialog kali ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dalam proses pembentukan nalar dan ideologi yang pluralis dan paham akan keanekaragaman serta sikap toleransi antar umat beragama terlebih pada suku dan adat istiadat dalam konteks kenegaraan.

Tema yang diangkat kali ini sangat cocok dengan isu-isu dan polemik akhir akhir ini, mulai dari skala nasional sampai pada level daerah. Untuk memelihara kerukunan antar suku adat, budaya dan agama pada tataran bangsa ini.

Laporan; Abu Sumayya