Dinas Pariwisata Kabupaten Alor Resmi Terbitkan Calender Of Event Tahun 2023, Ada 9 Event!

172

BIDIKNEWS.id, Alor - Pemerintah Kabupaten Alor melalui Dinas Pariwisata resmi menerbitkan kalender rangkaian kegiatan tahun ini. Calender Of Event Kabupaten Alor ini memuat Visit Alor di tahun 2023 dengan Festival maupun Ritual dan kegiatan lainnya yang sudah ditetapkan sebagai agenda tahunan Dinas Pariwisata Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Dilansir dari akun facebook resmi @Dinas Pariwisata Kabupaten Alor, terdapat 9 event terbesar yang akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni, Juli, September dan Oktober mendatang. Diantaranya, Expo Alor XVI dan Alor Karnaval IX, Festival Dugong, Festival Tenun Ikat, Festival Al-Qur'an Tua, Festival Olang Mangsari, Ritual Adat Balai Hatel, Ritual Adat Ala Baloi, Festival Aladin (Air Laut Dingin) dan Festival Paralayang.

Untuk diketahui, Expo Alor XVI dan Alor Karnaval IX ini akan dimulai pada 13-17 Juni 2023 di Stadion Mini Kalabahi, Kecamatan Teluk Mutiara, Alor-NTT. Pada Expo dan Karnaval kali ini, akan menampilkan Carnaval Budaya 18 Kecamatan, Pameran Produk Unggulan Daerah, Lego-Lego Pelajar 18 Kecamatan, Lomba Presentasi Potensi Pariwisata 18 Kecamatan, Lomba Panahan Tradisional 18 Kecamatan, Lomba Fashion Show Tenun Kreatif dan Pemilihan Nyong dan Nona Pariwisata Alor.

Advertise

Selanjutnya, Festival Al-Qur'an Tua dan Festival Paralayang akan diberlangsungkan di Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Untuk Festival Al-Qur'an Tua akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2023 dengan menampilkan Napak Tilas Al-Qur'an Tua di Kabupaten Alor, Wisata Religi dan Galla Soro. Sementara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Paralayang yang sudah ditetapkan menjadi agenda tahunan ini nantinya berlangsung pada 15-17 Juni 2023. Pastinya akan memberikan atraksi yang menarik baik di udara hingga mendarat dengan sempurna.

Untuk Festival Dugong, Dinas Pariwisata Kabupaten Alor telah menyiapkan beberapa agenda tahunan ini yakni Ritual Cinta Laut, Wisata Pengamatan Dugong, Tarik Tambang Perahu, Lomba Dayung Perahu Cano dan Pameran Ekonomi Kreatif. Festival ini akan dilakukan di Pantai Wisata Mali, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 15 Juni 2023.

Selanjutnya, Festival Olang Mangsari (Tradisi Mencari Hidup) orang pura yang dirintis oleh Jemaat Elim Dadibira pada tahun 2022 lalu, kini masuk dalam kalender event Dinas Pariwisata Kabupaten Alor. Di Festival Olang Mangsari ini akan memperagakan atau menampilkan Live Show Memasang Bubu (Fish Trap), Live Show Mencari Meting (Kerang), Live Show Panjat Pohon Tuak, Live Show Masak Sopi (Minuman Tradisional), Live Show Menganyam Bubu dan Aneka Anyaman, Live Show Pembuatan Jagung Titi dan Jagung Gilling, Diving dan Snorkling dan Perlombaan Dayung Perahu Tradisional. Festival ini akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2023 di Pantai Vetabang, Desa Pura Utara, Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Festival Tenun Ikat akan dilaksanakan di Umapura, Desa Ternate, Kecamatan Alor Barat Laut, Alor-NTT pada tanggal 19 Juni 2023 dengan menampilkan Pameran Tenun Ikat, Tutur Sejarah Tenun Oleh 8 Suku, Live Show Pewarnaan Alam, Live Show Ikat Proces dan Tenun dan Kuliner Khas Pulo.

Selanjutnya, Ritual Adat Balai Hatel (Ritual Adat Masuk Kebun). Agenda ini akan memperlihatkan Folai Bang (Ritual Adat Buat Rumah Baru dan Menolak Bala) dan Balai Hatel (Ritual Adat Masuk Kebun/ Bakar Pisang). Ritual ini akan dilaksanakan di Kampung Tradisional Matalafang (Latifui) Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Alor-NTT pada 28 Juli 2023.

Sementara, Ritual Adat Ala Baloi (Ritual Adat Makan Baru) seperti Ritual Antaran Hasil Panen ke Rumah Adat Fet Lakatuil, Makan Adat dan Lego-Lego ini akan dilaksanakan di Kampung Tradisional Bampalola, Desa Bampalola, Kecamatan Alor Barat Laut, Alor-NTT. Sedangkan Festival Aladin (Air Laut Dingin) akan dilaksanakan di Pantai Makassar, Desa Alor Kecil, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor-NTT.

Air Laut Dingin ini merupakan fenomena alam terjadinya Air Laut Dingin di perairan selat pulau Kepa, Desa Alor Kecil, sehingga masyarakat bisa memungut ikan yang mati karena terdampak air laut yang sangat dingin.

Kedua festival pada event tahunan Dinas Pariwisata Kabupaten Alor tersebut baik Ritual Adat Ala Baloi maupun Festival Aladin belum ditetapkan waktu pelaksanaan. Ritual Adat Ala Baloi berpotensi akan dilakukan pada bulan Juni maupun Juli. Sedangkan Festival Aladin baru akan dilaksanakan pada September atau Oktober tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Alor, Ripka S. Jayati yang dikonfirmasi Bidik News Via WhatsApp, Rabu (01/02/2023) malam, membenarkan Calender Of Event Kabupaten Alor tahun 2023 tersebut.

"Syalom Om (Wartawan)...Baik Om (Wartawan)," kata Ripka dengan singkat kepada Wartawan Bidik News terkait rangkaian kegiatan Visit yang tercantum pada Calender Of Event Kabupaten Alor Tahun 2023.

Laporan/Editor: Markus Kari