Dinas PMD akan panggil Kades Sano Lokom terkait pemilihan BPD “Inkonstitusional”

611

Manggarai Timur, bidiknews.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menanggapi masalah pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sano Lokom, Kecamatan Rana Mese yang diduga tanpa melalui proses demokrasi, sebagaimana pengakuan Yuvensius Rabu, Ketua BPD lama Desa Sano Lokom, belum lama ini.

Kepala Dinas PMD, Yosef Durahi saat dikonfirmasi Bidik News, Selasa (25/8/2020) mengungkapkan, pihaknya sudah memanggil Mikael Jemedo, Kepala Desa Sano Lokom untuk menghadap dan mengklarifikasi tudingan warga dan mantan ketua BPD.

“Kami telah menerima nama-nama BPD yang terpilih di Desa Sano Lokom. Bahkan saat ini kami sedang sibuk untuk penerbitan SK. Mendengar masalah ini, saya sangat kaget. Kita panggil dulu Kades dan beberapa staf desa untuk mengklarifikasi persoalannya. Kita dengar dulu tanggung jawab mereka,” jelas Durahi.

Advertise

Baca Juga

Senada dengan Kepala Dinas PMD, Tarsan Talus, Anggota DPRD Matim Komisi A menjelaskan, jika di Desa Sano Lokom terbukti belum melakukan pemilihan, maka nama-nama yang sudah dipilih tersebut bisa dibatalkan dan akan dilakukan pemilihan ulang secara demokratis. “Intinya kita dengar dulu klarifikasi dan penjelasan kepala desanya,” ungkap Tarsan.

Sebelumnya diberitakan Bidik News edisi Senin, 24/08 pemilihan BPD di Desa Sano Lokom, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur diduga sarat nepotisme. Pemilihan tersebut tanpa melalui proses demokrasi.

Kepala Desa Sano Lokom saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon membantah tudingan Yuvensius Rabu, Mantan Ketua BPD Sano Lokom. Dia menuturkan, proses pemilihan telah berlansung dan nama-nama yang terpilih sudah melalui proses demokrasi.

Warga kemudian mendatangi Kantor DPRD Matim kemarin (24/8). Selain mengadu terkait pemilihan BPD, warga juga mengadu mengenai penyaluran dana bantuan Covid-19 di Desa tersebut yang diduga tidak transparan.

Laporan : Biro NTT _ Nardi Jaya, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News