DPMD Matim : Pemilihan BPD Sano Lokom sesuai Prosedur, Berikut Nama-namanya

335

Manggarai Timur, bidiknews.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Manggarai Timur, NTT, menyebutkan proses pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sano Lokom, Kecamatan Rana Mese sudah memenuhi prosedur yang berlaku. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya dokumen tahapan mulai dari SK pembentukan kepanitiaan sampai dengan penetapan.

Marselus Manggas, Kepala Bidang Pemrintahan Desa, mengatakan hal tersebut saat berdiskusi terkait pengaduan warga mengenai pemilihan BPD Sano Lokom yang menurut warga pengadu tidak transparan, tanpa melalui proses demokrasi.

“Dokumen terkait jalannya proses pemilihan BPD Sano Lokom lengkap dan semuanya sesuai SOP,” jelas Manggas, Rabu (9/9/2020).

Advertise

Baca Juga

Mengenai pengaduan warga, pihaknya mengaku bingung dikarenakan adanya perbedaan antara pengaduan tertulis dan pengadun lisan, menurut Yuvensius Rabu, mantan ketua BPD Sanolokom.

“Kami bingung. Menurut pengaduan tertulis, pemilihan BPD tidak transparan. Yang artinya sudah terjadi pemilihan tetapi prosesnya tidak transparan. Tetapi menurut pengaduan lisan Yuvensius Rabu, tidak ada pemilihan BPD sama sekali. Diantara dua pengaduan tersebut, mana yang mau kita diskusikan,” ujar Marselus sambil memastikan pihaknya akan tetap melantik nama-nama BPD Sano Lokom yang sudah diterimanya dari pihak Kecamatan.

Hal senada disampaikan Maria Anjelina Teme, Camat Rana Mese. Dengan tegas dirinya menuturkan pemilihan BPD yang telah berlangsung sudah memenuhi kriteria dan SOP. “Sebenarnya tidak ada persoalan. Saya minta agar nama-nama tersebut tetap dilantik,” pintanya kepada pihak DPMD.

Sebelumnya diberitakan, Yuvensius Rabu, Mantan Ketua BPD Sanolokom mengatakan pemilihan BPD di Desanya tanpa melalui proses demokrasi. Dia menjelaskan, Kepala Desa, Mikael Jemedo hanya mengakomodir orang-orang tertentu, sehingga pemilihan tersebut diduga sarat nepotisme.

“Saya berharap, nama-nama anggota BPD baru yang saat ini sudah di DPMD, mohon ditinjau kembali. Kepada Bapak Bupati Manggarai Timur, diminta untuk tidak menandatangani Surat Keputusannya,” harap Yuvensius, kepada Bidik News, belum lama ini.

Berikut nama-nama BPD Sano Lokom yang telah dipilih dan siap dilantik. Keterwakilan dari Dusun Ntaur yakni Ignasius Jehuman dan Yohanes Poleakares Sunggar. Sementara keterwakilan Dusun Rembong adalah Paulinus Gandi Torang dan Yuliana Imbuk. Untuk keterwakilan kaum perempuan adalah Imakulata Bamus.

Laporan : Biro NTT – Nardi Jaya, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News