Dukung Alor Pintar, Melalui KRTDD Cetuskan Rumah Baca GIR LAMAR-Desa Delaki (Alor) NTT

179
Anak-anak sedang belajar perdana di Rumah Baca GIR LAMAR-Desa Delaki, Kecamatan Pantar Tengah, Alor-NTT, Senin 24 Januari 2022.

BIDIKNEWS.id, Alor - Menjawab kebutuhan masyarakat terkait pendidikan di pelosok Negeri 3 T (terluar, terdalam dan terbelakang) dengan tujuan memanusiakan manusia dan juga sebagai bentuk dukungan kepada salah satu Pilar Pemerintahan Bupati Alor Drs. Amon Djobo dan Wakil Bupati Alor Imran Duru, S.Pd Jilid 2 yakni Alor Pintar, pemuda Delaki yang tergabung dalam Karangtaruna Desa Delaki mencetuskan rumah baca dengan nama "GIR LAMAR" Desa Delaki, Kecamatan Pantar Tengah, Alor-NTT, Sabtu (22/1/2022) setelah melalui rapat bersama.

Penelusuran Bidik News beberapa pekan yang lalu, rumah baca yang terletak pas di halaman rumah saudara Bernad ini dengan sukarela dan swadaya mengajak seluruh masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa melalui Karangtaruna Desa Delaki agar bisa membaca menulis, berbahasa Inggris sejak dini, melihat, menonton dan memperagakan fasilitas pendukung yang ada di rumah baca serta dapat meningkatkan budaya baca.

"GIR LAMAR (nama rumah baca) Badan Pengurus rumah baca resmi dibentuk melalui rapat bersama seluruh anggota. Kawan-kawan yang membimbing anak-anak mulai melaksanakan tugasnya; Senin (membaca menulis), Jumat (berbahasa Inggris sejak dini), Sabtu (mereka melihat, menonton dan pragakan semua fasilitas pendukung yang ada di rumah baca). Diluar dari hari yang ditentukan di atas, kami membuka ruang bagi setiap orang (anak hingga dewasa) mampir untuk meningkatkan budaya baca," tulis Ketua Karangtaruna Desa Delaki dikutip dari akun Facebook miliknya @Dewa Wabang dua hari yang lalu.

Anak-anak sedang belajar di Rumah Baca GIR LAMAR-Desa Delaki, Kecamatan Pantar Tengah, Alor-NTT, Senin 24 Januari 2022.

Sementara itu, Bernadus Z. Weniliwang selaku Sekretaris Rumah Baca GIR LAMAR mengungkapkan melalui akun Facebook miliknya @Bernad Liwang bahwa kegiatan Rumah Baca GIR LAMAR telah dibuka per hari ini, Senin 24 Januari 2022.

"Anak-anak Desa belajar dengan antusias yang luar biasa. Hari ini perdana Rumah Baca GIR LAMAR-Desa Delaki membuka ruang untuk anak-anak belajar dan membaca. Puji Tuhan, yang belajar hari ini bisa mencapai 80 atau lebih, mulai dari usia Paud (Pendidikan Anak Usai Dini) sampai SMP. Nampak semangat yang luar biasa di wajah mereka," ungkap anggota Stube HEMAT Jogja Wilayah Kabupaten Alor ini.

Ia bersama Karangtaruna Desa Delaki dan juga seluruh Pengurus Rumah Baca GIR LAMAR-Desa Delaki menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari semua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung atas terselenggaranya rumah baca dimaksud.

"Terima kasih untuk dukungan dari semua pihak, teman-teman muda, para donatur, gereja, sekolah dan pemerintah. Kita buat banyak hati dan tangan untuk memanusiakan manusia. Salam literasi, rumah baca, anak desa," tulis Alumnus STT GKS di akun Facebook miliknya, Senin (24/1/2022).

"Terima kasih atas orang-orang hebat yang cukup membantu rumah baca KRTDD (Karangtaruna Desa Delaki)," tulis Ketua Karangtaruna Desa Delaki di akun Facebook miliknya @Dewa Wabang.

Perlu diketahui, GIR LAMAR dalam bahasa masyarakat Delaki yang artinya bawa mereka jalan. Dalam hal kaitan dengan taman baca, atau membaca buku, kata GIR LAMAR mengandung filosofi yang sangat mendalam, yaitu dengan membaca, anak anak akan menjelajahi dunia (buku akan membawa mereka jalan mengelilingi dunia). Meskipun mereka ada di pelosok desa, namun ketika membaca buku tentang kisah perjuangan Bapak Jokowi (Presiden Republik Indonesia) maka, tak sadar mereka sedang dibawa jalan menyusuri pulau jawa dimana Bapak Presiden pernah berjuang, begitu juga dengan tokoh-tokoh pahlawan nasional lainnya seperti Bapak Proklamasi (Ir. Soekarno), Bapak Pembangunan (Soeharto), Bapak Pendidikan (Ki Hajar Dewantara) dan lain sebagainya.

Laporan/Editor: Markus Kari