GeMa Pembebasan Nilai capaian Kinerja Jokowi-JK Amburadul

4

Makassar, bidiknews.net

Gerakan Mahasiswa (GeMa) Pembebasan kota Makassar dalam diskusi refleksi akhir tahun atas penilaian terhadap kinerja Jokowi-JK pada Ahad, 30/12/2018 di warkop Bundu hertasning, memberikan gambaran atas kinerja kepemimpinan Jokowi-JK dalam satu dekade kepemimpinan.
Empat narasumber yang dipanelkan, antara lain; Ustadz Fadlan (Gusdurian), Ustadz Aslan (GeMa Pembebasan) dan 2 lainnya dari akademisi dan aktivis pergerakan.
Dalam diskusi tersebut, menghasilkan penilaian terhadap kinerja Jokowi-JK, bahwa Presiden dan Wakil Presiden periode 2014 – 2019 itu ternyata gagal memimpin bangsa selama 4,4 tahun kepemimpinannya.
“Ya, kita tidak sedang menilai capres cawapres, sehingga kita bisa menyimpulkan siapa yang baik dan buruk. Konteks dialog kita adalah mengarah pada penilaian terhadap kinerja presiden dan wakilnya”
Ungkap ketua panitia penyelenggara Aji Sukman.
Menurut Aji, kondisi mahasiswa akhir akhir ini yang seharusnya menyuarakan kritik terhadap pemerintah justru mengalami kemunduran. Bahkan lari dari tugas mahasiswa sebagai agen perubahan.

“Kita harus jujur katakan bahwa kondisi mahasiswa sekarang terlalu takut mendiskusikan terkait rezim hari ini, terlepas apakah banyak mereka yang berafiliasi kesana atau tidak, kenyataannya seperti itu, harusnya difungsikan tugas mahasiswa itu sendiri” lanjut Aji.
GeMa pembebasan mengakui bahwa sekalipun raport merah penilaian itu diberikan kepada pemerintah hari ini, namun diakui juga bahwa ada kebijakan pemerintah dari beberapa sektor pembangunan lainnya, ada dan berhasil dilakukan. Hanya saja akumulasi dari semua nawacita dan janji janji hanya terlaksana 3 persen dari sepuluh persen yang diharapkan.