Goes To School 2022, HIPMI Alor Selenggarakan Kelas Belajar Usaha

126
Ketua Umum HIPMI Alor, El Asamau (kanan pertama) dalam sesi foto bersama pemateri dan para peserta di Aula SMK Negeri 1 Kalabahi.

BIDIKNEWS.id, Alor - Salah satu misi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Alor adalah membantu pemerintah daerah Alor untuk menciptakan banyak lapangan kerja. Lapangan kerja akan tersedia jika semakin banyak anak muda yang mau menjadi business owner (pemilik bisnis) serta memaksimalkan potensi yang ada di daerah.

Dan untuk menjawab misi tersebut, HIPMI Alor bekerja sama dengan Kadin Alor Alor dan SMK Negeri 1 Kalabahi melakukan "Kelas Belajar Usaha" yang bertempat di Aula SMKN 1 Kalabahi, Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Jumat (28/1/2022).

Dalam sesi pembukaan, Ketua Umum HIPMI Alor, El Asamau mengharapkan agar kegiatan "Kelas Belajar Usaha" ini bisa menjadi penyemangat para peserta untuk tidak ragu-ragu terjun di dunia usaha

"Apalagi ada banyak potensi (usaha) yang masih bisa dimaksimalkan," kata El Asamau.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kalabahi, Ibu Ida Laure, memberikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan dimaksud. Karena hal itu sejalan dengan program dan kurikulum sekolah untuk mendorong agar murid-murid bisa mandiri dengan setiap usaha mereka," ujarnya.

Sebagai pemateri pertama, Bapak Denny Lalitan selaku Ketua Kadin Alor berbagi pengalaman tentang bagaimana jatuh bangunnya menjadi seorang pengusaha. Menurutnya, Just do it adalah semboyan yang harus paling pas dipegang oleh calon pengusaha muda.

Apalagi dengan modal yang masih sangat terbatas, resiko untuk gagal pasti sangat kecil. Harus berani mencoba, karena banyak pelajaran yang datang ketika kita sudah mencoba.

Senada dengan hal tersebut, kredit manager Bank BRI Cabang Kalabahi Bapak Komang Gede Kawit selaku pemateri kedua, juga menambahkan bahwa untuk menjadi pengusaha, ada tiga hal yang sangat dibutuhkan yakni mental, modal dan relasi.

Mental seorang pengusaha harus kuat, modal dapat dipercaya serta pekerja keras, serta berelasi dengan komunitas yang positif untuk dapat berbagi motivasi seperti di HIPMI Alor.

Tidak ketinggalan pula hadir Kepala Cabang BRI Kalabahi,  Bapak Vierdhy Yosua R.B. Simamora, turut serta memberikan motivasi bagi para pengusaha muda dan pelajar yang menjadi peserta kegiatan. Beliau menekankan bahwa untuk menjadi pengusaha, seseorang harus bisa mengikuti perkembangan di luar sana, agar bisa memprediksi kemungkinan dari setiap peluang-peluang usaha yang muncul.

Selanjutnya Sekretaris HIPMI Alor, Jevon Jodjana juga berbagi materi dan pengalaman bagaimana step-by-step seseorang mulai melangkah menjadi seorang pengusaha muda.

Diakhir kegiatan, Ketua Umum HIPMI Alor, El Asamau memberikan pesan kepada peserta "Kelas Belajar Usaha" giat mengembangkan usaha yang sedang dijalani.

"Selaku Ketua HIPMI Alor, besar harapan saya agar 80 an peserta yang hadir bisa termotivasi untuk memulai atau bahkan mengembangkan usaha mereka yang sudah berjalan," tuturnya.

"Tentu saja HIPMI Alor akan hadir untuk memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan teman-teman pengusaha muda dalam mengembankan usaha mereka," tutup Ketua Umum HIPMI Alor.

Laporan: Netizen Reporter
Editor: Markus Kari