Hadirkan 4 Narasumber Termasuk Kadis Perdagangan dan El Asamau Pada Seminar, Ini Harapan BP. Pemuda Klasis ATL

289

BIDIKNEWS.id, Alor - Dalam menciptakan pemahaman pemuda/i tentang pentingnya Peran Pemuda Gereja Dalam Kehidupan Masyarakat di Era Industri atau RI 4.0, Badan Pengurus (BP) Pemuda Klasis Alor Timur Laut mengadakan Seminar Sehari atau Diskusi Panel dengan menghadirkan 4 narasumber diantaranya, Alyos Wakano, S. Sos, selaku Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Alor, Moses Kaat selaku Pimpinan Bank NTT CP. Bukapiting, Elyas Yohanis Asamau (El Asamau) selaku Ketua HIPMI Alor dan Pemerhati Pendidikan dan Pendeta Nikodemus Selan, S.Th, selaku Pendamping Pemuda Klasis Alor Timur Laut.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang terbuka samping Gedung Kebaktian Jemaat Elohim Bukapiting dengan jumlah peserta kurang lebih 50 orang dari masing-masing utusan Mata Jemaat se-Klasis Alor Timur Laut yang berlangsung dari sesi pemaparan materi dari narasumber hingga sesi tanya jawab yang dipandu oleh Kristofel Lettiyei selaku moderator, Jumat (1/4/2022) siang hingga sore hari.

Sebelumnya, Ketua Pemuda Klasis Alor Timur Laut, Roberaikes N. Maure mengatakan, kegiatan Paskah tahun 2022 ini merupakan program kerja Badan Pengurus (BP) Pemuda Klasis Alor Timur Laut yang didalam kegiatan tersebut salah satunya Seminar Sehari atau Diskusi Panel.

Advertise

Lanjut Roberaikes, seminar ini dilakukan agar dapat memberikan pemahaman serta dapat memberikan ilmu-ilmu yang baru sekaligus menjadi motivasi untuk mencari peluang usaha.

Ketua Pemuda Klasis Alor Timur Laut mengungkapkan, pada tahun 2021 tepatnya di bulan April, sejumlah wilayah di Alor Timur Laut menjadi luapaan amarah bencana siklon tropis seroja. Sehingga kata Dia, seminar ini menjadi langkah Pemuda Gereja dalam membangun semangat dan penyatuan dalam Yesus Kristus agar bangkit kembali dari keterpurukan.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Alor, Alyos Wakano, S.Sos., saat memaparkan materinya.

"Dari materi seminar yang kami laksanakan ini dengan kehadiran beliau-beliau narasumber, kami dari BP (Badan Pengurus) Pemuda sangat berharap bahwa selepas dari ini teman-teman pemuda-pemudi (Gereja) bisa kembali dan bisa berupaya bangkit dari keterpurukan selepas dari Badai Seroja yang menghantam Alor Timur Laut. (Agar) mereka bisa membangkitkan ekonomi rumah tangga mereka baik secara pribadi maupun secara keluarga, bahkan di tingkat desa, umumnya di tingkat kecamatan atau Klasis (Alor Timur Laut) begitu. Sehingga bisa keluar dari keterpurukan akibat dari Bencana Seroja itu," ungkap Ketua Pemuda Klasis Alor Timur Laut, Roberaikes N. Maure.

"Kita berharap dengan pemahaman-pemahaman yang dibangun dari Dinas Perdagangan (Kabupaten Alor) dapat memberi wawasan bahwa sebenarnya ada banyak peluang-peluang usaha yang tentunya mereka (Pemuda Klasis Alor Timur Laut) harus manfaatkan untuk memperbaiki taraf ekonomi masing-masing," lanjutnya.

Ketua HIPMI Alor El Asamau selaku Pemerhati Pendidikan saat memaparkan materinya.

"Bagi teman-teman (Pemuda Klasis Alor Timur Laut) yang tidak hadir. Dengan utusan dari setiap jemaat yang hadir ini mereka menjadi pewarta, mereka bisa kembali dan menyampaikan bahkan menjadi contoh bagi teman-teman yang yang tidak hadir (agar) dapat mengambil bagian dalam bingkai kebersamaan (kegiatan paskah) ini, mereka dapat melihat, mereka bisa mencontohi, mengikuti hal-hal yang bisa mereka lakukan. Dan juga bisa memotivasi kedepan kalau ada kegiatan-kegiatan kebersamaan lagi mereka bisa mengikuti agar bagaimana mengembangkan diri masing-masing di tiap jemaat dan lingkungan," harapnya.

Ketua Pemuda Klasis Alor Timur Laut (kanan) saat memberikan bola voli kepada Ketua Panitia Pelaksanaan Hari Raya Paskah 2022 di sela-sela parade pembukaan pertandingan bola voli se-Klasis Alor Timur Laut.

Sebelum berakhirnya seminar, Panitia Pelaksanaan Hari Raya Paskah Pemuda Klasis Alor Timur Laut melalui Ketua Panitia meminta kepada Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Alor Alyos Wakano, S. Sos, agar sebisa mungkin mengahdirkan pasar murah di sela-sela pelaksanaan kegiatan paskah ini.

Pantauan Bidik News selepas kegiatan seminar, dilanjutkan parade perlombaan Volleyball (Bola Voli) di Lapangan Waisika, Bukapiting, Alor Timur Laut.

Laporan/Editor: Markus Kari