Harga Meteran PLN Disoal Warga, PT. Erikson Diduga Sewenang-wenang

232

Manggarai Timur, bidiknews.id – Harga meteran listrik dan sewa instalasi Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Desa Ngampang Mas, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur disoal warga desa setempat. Pasalnya, terdapat perselihan harga meteran dari pihak PT Erikson Rangga Teknik yang menangani instalasi listrik dengan harga asli yang ditentukan dari Kantor PLN.

Padahal, saat sosialisasi, harganya itu sesuai dengan ketentuan dari PLN. Saat ini, sejumlah uang sudah diserahkan melalui Kepala Desa Ngampang Mas, mengikuti harga yang ditentukan dari Pihak PT Erikson Rangga Tehnik.

“Kami sudah cek langsung di Kantor PLN Ruteng. Harganya itu selisih jauh. Dari pihak PLN harga aslinya untuk meteran 900 VA adalah 1.600.000. sementara, setelah pemasangan instalasi, kami ditekan harus serahkan uang sebesar 2.250.000, lewat bapak Kades. Ini berbeda saat sosialisasi awalnya dulu,” tandas Yonan warga Desa Ngampang Mas, kepada Bidik News, Selasa (22/9/2020).

Advertise

Baca Juga

Dia merincihkan, selisih antara harga pihak ketiga PT. Erikson dan PT. PLN mencapai 650 ribu. Hal tersebut di luar kesepakatan diterima lewat brosur yang dibawa oleh bapak kades dari Ruteng saat sosialisasi.

Sementara itu, Erison Songgo, Kepala Desa Ngampang Mas, saat dikonfirmasi Bidik News, membenarkan harga meteran yang tiba-tiba naik dari pihak PT. “Saya sempat bertanya kepada pihak PT. Erikson terkait perbedaan harga. Namun mereka meminta saya untuk berkonsultasi langsung dengan PLN Ruteng,” ungkap Erison.

Terkait informasi bahwa pihaknya dituding menaikan semena-mena harga meteran listrik, dirinya meminta masyarakat untuk berkonsultasi langsung dengan PT Erikson.

“Sebagai kepala wilayah, saya membantu pihak PT untuk menerima pembayaran dari masyarakat dan nantinya diserahkan lagi semuanya ke pihak PT Erikson. Soal tudingan saya menaikan harga sewenang-wenang, silahkan membayar langsung di pihak PT atau PLN,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun Bidik News, selain di Desa Ngampang Mas, PT. Erikson Rangga Teknik juga memasang instalasi meteran listrik di Desa Rana Masak dengan harga yang sama, yakni meteran 900 VA dengan harga 2.250.000 dari harga yang ditentukan PLN 1.600.000 dan meteran 1.300 VA, dari harga awal 2.750.000 dari harga yang ditentukan PLN 2.400.000.

Hingga berita ini dipublikasi, Pihak PT. Erikson Rangga Teknik belum berhasil dikonfirmasi. Dihubungi Via Telepon, Nomor HP yang bersangkutan di luar jangkauan.

Laporan : Biro NTT _ Nardi Jaya, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News