Harga minyak Nilam di Mubar melonjak, petani kekurangan pupuk

329

Muna Barat, bidiknews.id – Usaha Dagang (UD) Dua putra yang dimiliki oleh pengusaha muda yang berada di Desa Suka Damai Kecamatan Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara(Sultra) menerima pembelian minyak nilam, hal ini sungguh sangat membantu Masyarakat, sehingga, tidak lagi menjual minyak nilam mereka ke luar daerah.

Pemilik UD. Dua Putra, Safaruhin menyatakan para petani di sejumlah kabupaten di Sultra khususnya Mubar lebih tertarik mengembangkan budidaya tanaman nilam karena nilai ekonomi dari produksi tanaman tersebut cukup menjanjikan kesejahteraan khususnya di Mubar. Saat ini juga, sebagai pihak Pembeli minyak nilam, Safaruhin menerima minyak nilam yang sudah dikelola oleh masyarakat dalam bentuk minyak atsiri.

“Hal ini, kabar baik bagi kita semua bahwa harga minyak nilam harga berkisaran 560 ribu Per Kg di bulan 3/2020, hingga Saat ini Harganya melunjak tinggi di bulan 7/2020 mencapai hingga 610 ribu per Kg. Harga tersebut sangat menjanjikan untuk masyarakat bagi petani nilam. Walaupun adanya penyebaran CoViD-19, harga terap berada pada tarif meningkat.” bebernya melalui telephon seluler kepada media ini pada Senin, 20/7/2020.

Advertise

Baca Juga

Safaruhin mengaku, kebutuhan minyak nilam tahun ini dalam hitungan Puluhan Ton. Maka dengan kebutuhan minyak yang cukup banyak maka ini peluang bagi masyarakat memperbanyak menana nilam dan menjual minyak nilam serta tidak ragu dengan tidak adanya pasaran minyak nilam.

“Hanya petani nilam Mubar sekarang ini kendalanya pupuk, sangat berharap kepada pemerintah agar bisa menurunkan (memberikan_red) bantuan pupuk untuk petani, karena hasil pertanian terbesar di Mubar adalah petani nilam,” tutur Safaruhin pengusaha muda asal Mubar ini.

Laporan : Biro Sultra_Munawir, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News