Hari Sumpah Pemuda, Pesan Ketua Karteker DPD II KNPI Alor: Lawan Ketidakadilan dan Ketimpangan

195
Merlinda Yeanny Rosanty Maro Ketua DPD II KNPI Kabupaten Alor.

Oleh; Merlinda Yeanny Rosanty Maro

BIDIKNEWS.id, Alor – Sumpah Pemuda merupakan momentum yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena menjadi tonggak dicetuskannya pergerakan organisasi-organisasi pemuda di Indonesia dari tingkat Nasional hingga ke tingkat lokal atau daerah.

Sumpah Pemuda terus dan selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober dan di tahun ini tepat 28 Oktober 2022 sudah memasuki peringatan yang ke-94 tahun.

Advertise

Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27—28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan “Tanah Air Indonesia”, “bangsa indonesia”, dan “bahasa indonesia” terus memberikan pelajaran penting tentang cara menyikapi perbedaan yang ada. Mulai dari perbedaan sikap primordial, suku, budaya, bahasa, agama, ras, kultur dan lain sebagainya. Selain itu, perbedaan ini bisa menjadikan beberapa kepentingan sebagai kekuatan dalam membangun bangsa Indonesia, bukan malah sebagai faktor yang melemahkan bangsa Indonesia.

Semangat para pemuda di masa lampu untuk merebut kemerdekaan Idonesia, sudah seharusnya ditiru oleh generasi muda masa kini yang tren disebut pemuda milenial. Semangat nasionalisme dan juga persatuan terbukti mampu membawa bangsa Indonesia menjadi negara yang besar dan tidak diremehkan oleh bangsa lain.

Akan tetapi perjuangan tidak berhenti di sana, karena perjuangan pemuda masa kini tentu akan lebih berat lagi. Maka dari itu, sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutnya kita meniru semangat juang para pendiri bangsa demi melawan ketidakadilan dan ketimpangan yang masih ada hingga saat ini.

Oleh karena itu, tidak hanya menjadikan 28 Oktober sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda, namun seharusnya setiap generasi muda meresapi makna dan nilai-nilai nasionalisme dari hari bersejarah itu. Terlebih masa sekarang, mengingat perpecahan begitu mudah terkoyak hanya karena sebuah perbedaan kecil.

Bersatulah wahai pemuda bangsa, karena kemajuan Indonesia ada di genggamanmu. Lawan segala bentuk “kejahatan” dan ciptakan karya terbaikmu sebanyak-banyaknya untuk kejayaan bangsa Indonesia. Bersatulah Wahai Pemuda Untuk Indonesia Maju.

Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94 !!!
28 Oktober 2022.

Editor: Redaktur Bidik News