Ibu dan Anak di Muna, diduga ODP terpapar CoViD-19

46

Muna, bidiknews.net – Seorang ibu berinisial, WIA (38) beserta Kedua Anaknya yang masih balita, IA (3) dan SAA (2), asal Desa Pola Kecamatan Pasir Putih, Kabupaten Muna, diduga memiliki gejala Orang Dalam Pantuan (ODP) dan Pasien Dalam Pangawasan (PDP) Corona Virus Disease (CoViD-19), Sabtu (21/2020).

Diketahui, Ibu dan Anak itu baru sepekan tiba dikampung halaman sepulang dari Luar Negeri – Malaysia.

Setelah menjalani Scanning awal diruangan khusus RSUD Muna, IA (3) dan SAA (2) memiliki gejala batuk pilek disertai demam dengan suhu tubuh 38° dan 39° CC, sementara sang ibu masih nampak sehat.

Advertise

Baca Juga

Namun, saat ketiga pasien menjalani pemeriksaan lanjutan oleh dokter Anak, nampak dr. Gita melengkapi diri dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) atau baju khusus seperti pakaian astronot, kemudian pintu ruangan seketika ditutup rapat dan melarang sementara liputan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan (dugaan penyebaran CoViD-19).

Direktur RSUD Muna, Dr. Marlin yang melakukan scanning awal mengatakan untuk pasien anak masuk dalam kategori ODP, karena memiliki gejala batuk pilek dan panas, namun tetap meyarankan agar dilakukan pemeriksaan secara kolektif oleh dr. Ahli Penyakit dalam (Interna), dr. Wahid dan dokter Anak, dr. Gita untuk mengetahui kondisi ketiga pasien tersebut.

“Kita tunggu hasil lab dari mereka (dr. Wahid dan dr. Gita_red), saya belum bisa menyimpulkan apakah pasien masuk kategori PDP atau ODP, saya juga sarankan agar pasien isolasi diri dalam rumah selama 14 hari dan kalau terjadi sesak segera ke Puskesmas untuk dirujuk di Kendari,” Ungkapnya

Sejauh ini, lanjut direktur RSUD Muna, pihak RSUD Muna masih mengalami beberapa kendala dalam penanganan pasien yang diduga terserang Covid-19.

“Di RSUD Muna, kita masih kekurangan Alat Pelindung Diri yang harus digunakan para dokter dan perawat. Sehingga kami meminta kepada Pemda untuk segera mengadakan APD demi keselamatan para dokter dan pasien,” harapnya.

Laporan : Biro Sultra _ Munawir
Editor : Redaktur Bidik News