Ijazah Siswa Tamatan SDN Pailelang 2019 Diserahkan, FGRD Apresiasi Langkah Cepat Plt. Kadisdik Alor

413
Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Alor, Ferdy I. Lahal saat menyapa para siswa-siswi SD Negeri Pailelang dalam penyelesaian persoalan Ijazah 47 siswa-siswi tamatan SD Negeri Pailelang tahun ajaran 2018/2019.

BIDIKNEWS.id, Alor - Setelah kurang lebih 3 tahun dari 2019 hingga 2022 para orangtua siswa-siswi sebanyak 47 orang tamatan SD Negeri Pailelang tahun ajaran 2018/2019 berupaya agar Ijazah anak-anak mereka segera diserahkan oleh pihak sekolah dan juga Dinas Pendidikan Kabupaten Alor berbuah hasil.

Berbagai upaya yang telah dilakukan para orangtua siswa-siswi yakni melakukan komunikasi dengan pihak UPTD SD Negeri Pailelang, Mantan Kepala Sekolah Zeth Koly, Dinas Pendidikan Kabupaten Alor, DPRD Kabupaten Alor hingga Bupati Alor, Ombudsman RI dibantu dengan Kepala Desa Pailelang dan juga para aktivis di Alor, Kupang, Makassar dan kota-kota lain.

Hal itu disampaikan oleh Yunus Laupada saat dikonfirmasi Bidik News siang tadi, Rabu (2/2/2022).

Advertise

"Tadi itu sudah ada penandatanganan Ijazah (siswa-siswa tamatan SD Negeri Pailelang tahun ajaran 2018/2019) yang selama ini bermasalah itu tadi sudah selesai dan diserahkan kepada Kepala Sekolah (SDN Pailelang) yang baru," ungkap Yunus orangtua salah satu siswa tamatan SD Negeri Pailelang tahun ajaran 2018/2019.

"Mungkin besok baru dilakukan pembagian (Ijazah) ke orangtuanya," sambungnya via telepon seluler.

Dia mengaku lega saat menyaksikan penandatanganan dan penyerahan Ijazah secara simbolis dilakukan oleh mantan Kepala Sekolah Zeth Koly kepada Kepala Sekolah SD Negeri Pailelang yang baru disaksikan oleh Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Alor Ferdy I. Lahal dan para orangtua serta 47 siswa-siswi tamatan SD Negeri Pailelang tahun ajaran 2018/2019 serta para dewan guru dan Kepala Desa Pailelang Oktofianus Jenfani.

"Kami merasa terharu, senang juga karena selama ini anak-anak kami punya nasib ini sangat terganggu, kedepan mau jadi apa begitu. Tetapi karena dengan adanya (penandatangan dan penyerahan Ijazah secara simbolis) ini, kami merasa senang juga bahagia karena anak-anak sudah bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," ungkapnya.

Mewakili para orangtua dan 47 siswa tamatan SD Negeri Pailelang tahun ajaran 2018/2019, Yunus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Alor beserta jajarannya, Kepala Desa Pailelang, mantan Kepala Sekolah Zeth Koly, pihak UPTD SD Negeri Pailelang dan para Aktivis yang terus mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Selama ini kan kami juga ada dibantu berbagai pihak yang juga terlibat dalam (penyelesaian persoalan) Ijazah ini, kami ucapkan terima kasih. Karena dengan bantuan semua pihak dalam proses penyelesaian Ijazah (hari ini) bisa berjalan aman dan lancar. Kami mendapat bantuan dari Ombudsman (di) Jakarta, ade-ade mahasiswa ada yang dari Makassar, Kupang, Alor, Plt. Kadis Pendidikan dan (secara umum) Pemda Kabupaten Alor karena sudah menyelesaikan persoalan (Ijazah) ini," ungkap Yunus dengan nada terharu.

Forum Gerakan Revolusi Demokratik (FGRD) dalam sesi foto di depan gerbang SD Negeri Pailelang setelah melakukan advokasi ke orangtua 47 siswa tamatan SD Negeri Pailelang tahun ajaran 2018/2019.

Sementara itu, Koordinator Forum Gerakan Revolusi Demokratik (FGRD) Alor, Aldy D. Moy mengapresiasi langkah cepat yang diambil Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Alor Ferdy I. Lahal dalam proses penyelesaian Ijazah siswa-siswi tamatan SD Negeri Pailelang tahun ajaran 2018/2019.

Menurutnya, ini merupakan salah satu progres dalam mensukseskan salah satu pilar pemerintahan Bupati Alor Drs. Amon Djobo dan Wakil Bupati Alor Imran Duru, S.Pd periode kedua yakni Alor Pintar.

"Dalam proses penyelesaian (Ijazah) yang membutuhkan waktu yang sangat cepat, kami dari FGRD memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Alor dalam hal ini Bapak Ferdy I. Lahal yang baru menjabat sekitar kurang lebih 1 bulan dalam penyelesaian persoalan Ijazah 47 siswa-siswi tamatan SD Negeri Pailelang yang telah ditandatangani dan diserahkan secara simbolis oleh Bapak Zeth Koly kepada Kepala Sekolah yang baru siang tadi," ujar Aldy Koordinator FGRD kepada Bidik News di Kalabahi.

Laporan/Editor: Markus Kari