Ini Update Korban Bencana Alam di Kabupaten Alor

918

BIDIKNEWS.id, Alor - Nusa Tenggara Timur kembali menjadi perhatian dan sorotan Nasional, Bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang mengguncang hampir seluruh wilayah kabupaten di Nusa Tenggara Timur, kejadian ini berjalan pada Jum'at malam, hingga Ahad, 4/4/2021.

Intensitas air akibat hujan deras disertai angin kencang beberapa waktu lalu menjadi pemicu banjir bandang dan badai mengharbabiru beberapa wilayah kabupaten di NTT. Di kabupaten Alor, beberapa Desa lumpuh total, puluhan rumah raib rata dengan tanah, akses jalan, serta jembatan penghubung rata terbawa aliran arus banjir. Belasan warga dilaporkan hilang terbawa banjir hingga ke laut.

Bidik News mengutip dari berbagai sumber, beberapa kecamatan terdampak banjir dan longsor serta jumlah korban jiwa; Kecamatan Alor Timur Laut, tepatnya Desa Lippang dilaporkan 16 orang dalam pencarian, sedangkan 1 orang ditemukan selamat.

Di Kecamatan Alor Tengah Utara, Desa Welai Selatan, 2 orang meninggal dunia dan 2 orang lainnya belum ditemukan. Di kecamatan yang sama, Desa Malaipea, 1 orang dinyatakan meninggal dan 5 orang lainnya dalam pencarian.

Untuk daerah Pantar, Kecamatan Pantar Tengah, 3 orang meninggal dunia dan 2 orang belum ditemukan. Di Kecamatan Pantar Timur, Desa Nule, 1 orang ditemukan meninggal dunia dan 4 orang masih dalam pencarian. Desa Bungabali, 1 orang meninggal dunia dan 2 orang belum ditemukan.

Informasi korban ini diperoleh langsung dari Masyarakat di Desa dimaksud, juga masih dalam tahap pencarian dan pengumpulan data, tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan atau temuan baru di Daerah dan Desa lainnya yang belum terpantau media maupun relawan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Alor masih terus membantu evakuasi korban dan merilis jumlah korban yang terdampak bencana. BPBD juga hampir nyaris lumpuh untuk ke beberapa daerah akibat akses jalan penghubung yang rusak parah bahkan jembatannya hanyut bersama banjir ke hilir.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada rilis resmi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Alor terkait Jumlah korban dan bangunan serta fasilitas yang rusak akibat bencana Alam.

Redaktur Bidik News