Inilah 5 Manfaat Makanan Kukus, Bagus untuk Diet

123
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-sehat-ayam-irisan-6126708/

Salah satu metode dalam mengolah makanan adalah dikukus. Mengukus makanan merupakan salah satu metode yang sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya manfaat makanan kukus untuk kesehatan, terutama bagi Anda yang sedang diet.

5 Manfaat Makanan Kukus untuk Tubuh

Ada banyak manfaat makanan kukus bagi kesehatan. Berikut ini rangkuman dari lima manfaat makanan yang diolah dengan cara mengukus:

1. Rendah Kolesterol

Mengolah daging dengan cara kukus ini dapat mempermudah menghilangkan lemak jahat. Dengan lemak yang terbuang pada daging membuat makanan jadi lebih rendah kalori serta lebih rendah kolesterol.

2. Menjaga Nutrisi Tetap Utuh

Advertise

Sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral. Metode memasak yang tidak tepat dapat menghilangkan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kandungan vitamin dan mineral dari sayur, salah satunya dengan metode mengukus.

Saat mengukus makanan, Anda akan tetap menjaga serat, warna, tekstur, serta rasa sayuran. Selain itu, metode ini juga dapat membantu menjaga vitamin B dan C yang larut dalam air, potassium, fosfor dan seng. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan nutrisi penting dari sayuran tersebut. Selain itu, 90% antioksidan dalam sayuran bisa terjaga.

3. Rendah Kalori

Memasak makanan tanpa minyak ini memungkinkan Anda untuk mengurangi konsumsi lemak dan kalori. Metode ini dapat mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung. Cara ini tentunya sangat membantu Anda yang ingin diet.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa sayuran memiliki komponen anti-kanker yang disebut glukosinolat. Senyawa tersebut dapat rusak jika dimasak dengan metode yang salah. Agar komponen anti-kanker tersebut dapat terjaga, Anda bisa mencoba mengukus makanan tersebut dengan suhu rendah dan sedikit air.

5. Mengurangi Penggunaan Pengawet Makanan

Mengukus merupakan metode memasak makanan yang paling sehat. Hal tersebut dikarenakan mengukus tidak menghilangkan vitamin dan mineral pada makanan. Dengan metode memasak tersebut makanan tidak menjadi kering sehingga tidak membutuhkan perasa buatan saat memasak. Selain itu, Anda tidak perlu menambahkan minyak, garam atau gula.

Anda tidak perlu khawatir dengan rasa makanan yang dikukus. Makanan akan tetap matang dan terasa enak.

Mengukus Menggunakan Steamer

Saat ini sudah semakin banyak orang yang menyadari pentingnya hidup sehat, salah satunya dengan mengolah makanan secara kukus. Kondisi tersebut membuat panci steamer menjadi barang yang banyak dicari. Steamer ini berfungsi untuk mengukus berbagai makanan, seperti kue, sayuran, dimsum, dan makanan lainnya. Selain itu, steamer memiliki keunggulan, yaitu:

1. Memasak makanan lebih cepat

Steamer memanaskan makanan dari luar ke dalam secara perlahan dan tidak terjadi peningkatan suhu secara mendadak. Kemampuan tersebut membuat makanan menjadi lebih cepat matang.

2. Kandungan nutrisi pada makanan tetap terjaga

Dalam memanaskan makanan, steamer menggunakan suhu rendah secara berkesinambungan. Dengan demikian makanan bisa matang tanpa merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

3. Tekstur ikan dan daging jadi lebih juicy

Pada umumnya, ikan dan daging menjadi sedikit keras setelah dimasak dengan cara biasa. Namun, dengan menggunakan steamer, ikan dan daging bisa lebih lembut dan juicy.

4. Diet-friendly

Memasak dengan menggunakan steamer tidak membutuhkan minyak, sehingga dapat dijadikan solusi bagi Anda yang sedang diet.

Steamer bisa dengan mudah Anda beli di online marketplace, misalnya Blibli. Marketplace ini menyediakan berbagai Steamer yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Banyaknya pilihan steamer di Blibli membuat Anda lebih leluasa dalam membandingkan harga dengan barang sejenis.

Demikian manfaat makanan kukus serta manfaat mengukus makanan menggunakan steamer. Membiasakan hidup sehat akan membuat tubuh menjadi sehat.