IZI Bantu Anak Hidrosefalus asal Konsel yang Viral di Sosmed

77

Konsel, bidiknews.id – Dua anak yang berada di desa Bima Maroa, Kecamatan Andoolo Barat, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menderita hidrosefalus yang bernama Aisya dan Anwar viral di media sosial yang di unggah oleh beberapa orang di akun Facebooknya.

Dikonfirmasi Bidik News tentang keadaan kedua anak yang menderita hidrosefalus tersebut pada Selasa, 22/02/2020, kedua anak tersebut sempat mau dirujuk ke rumah sakit yang berada di Makassar Sulsel.

Namun Karena terkendala biaya untuk berobat ke Rumah Sakit, anak dari pasangan Mardiana dan Irfan tersebut didiamkan di rumah milik pribadinya sambil menunggu biaya terkumpul.

Advertise

Baca Juga

Melihat kondisi ini, beberapa Donatur juga berbagi kisah ini ke laman FB dan sosial media lainnya hingga viral di linimasa FB, selang beberapa hari viral di beberapa media sosial, donatur berdatangan dan memberikan sumbangan, sembako dan biaya pengobatan Aisya dan Khairil Anwar.

Lembaga Sosial Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sultra dan IZI Sulsel menginisiasi kan untuk membantu Proses perjalanan dan Akomodasi mardiana dan Nur Aisya yang berobat ke Makassar.

Abdul Fajar, anggota IZI Sultra mengaku, jika IZI yang mengurus semua persyaratan termasuk pengantar dan rujukan,

“Kami mengantar juga sampai di bandara Halu Oleo, sebelum berangkat kami mengurus segala kelengkapan salah satunya mengambil rujukan dari puskesmas Andoolo Barat ke rumah sakit yang ada di kabupaten Konsel hingga ke rumah sakit provinsi yaitu Rumah sakit Bahteramas Sultra”, ungkapnya ke media ini Rabu, 23/09/2020.

Pasien dirujuk ke Makassar tepatnya hari ini Rabu, 23/09/2020. Mardiana berangkat dari Sultra dan sampai di Makassar, dijemput IZI Sulsel. Dari pihak IZI Sulsel inilah Mardiana dan Aisyah dibawa ke Rumah Singgah Pasien (RSP) untuk beristirahat dan menunggu seluruh kelengkapan berkas untuk masuk ke Rumah Sakit Umum Propinsi Wahidin Sudirohusodo.

Mardiana mengungkapkan jika Aisyah anaknya yang dibawa terlebih dahulu karena sedikit kritis dibanding yang satunya,

“Bulan ini kami membawa Nur Aisya Kemassar karena Kondisinya sangat Kritis sehingga Khairil Anwar akan di rujuk pada bulan 10 2020”, ungkapan dengan nada sedih.

Ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada ia sampaikan kepada para donatur yang telah membantunya termasuk IZI yang partisipatif membantunya hingga ke Makassar.

Laporan : Biro Sultra _ Munawir, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News