IZI Sulsel Benahi Masjid dengan Zakat ditengah Pandemi CoViD-19

23

Makassar, bidiknews.net – Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu seluruh umat muslim sedunia. Setiap Ramadhan tiba, berbagai macam kegiatan untuk menyemarakkan bulan penuh berkah ini dilakukan oleh umat Islam. Masjid-masjid menjadi ramai dengan kegiatan keagamaan saat Ramadhan tiba. Membangun masjid merupakan satu kebaikan yang sangat Allah cintai sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadits,

“Barangsiapa membangun Masjid karena Allah, kecil atau besar, maka Allah membangun baginya rumah di Surga”. (HR al-Tirmidzi).

Sabtu, 2 Mei 2020, Inisiatif Zakat Indonesia Sulawesi Selatan melaksanakan program “Benah Masjid”, berlokasi di Masjid Al- Hijrah Bululabbu Dusun Bonto Panno, Desa Toddopulia, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros. Masjid Al- Hijrah Bululabbu merupakan masjid yang terletak ditengah Desa Toddupulia, jaraknya ditempuh sekitar 1 jam dari Kota Maros.

Advertise

Baca Juga

Untuk mengindahkan himbauan pemerintah guna pencegahan CoViD-19 maka untuk sementara jamaah tidak melangsungkan sholat di masjid. Masjid yang sangat sederhana dengan dinding yang dibangun seadanya, tanpa plafon dan tak bercat, serta perlengkapan masjid yang seadanya itulah yang biasanya digunakan masyarakat untuk sholat berjamaah.

Jumhar, Kepala Bidang Pendayahgunaan IZI, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Bulan Suci Ramadhan yang merupakan wujud dari partisipasi masyarakat melalui program Gotong Royong Dengan Berzakat,

“Program Ini merupakan salah satu program ramadhan guna untuk membantu masjid yang masih perlu banyak pembenahan. Diharapkan dengan adanya benah masjid ini masyarakat dapat lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah khususnya di Bulan Suci Ramadhan,” Terang Jumhar.

Berbekal perlengkapan benah masjid yang telah disiapkan sebelumnya, tim IZI berangkat menuju lokasi masjid yang berjarak sekitar 45 km dari Kota Makassar yang dapat ditempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Burhan (59), imam Masjid Al- Hijrah Bululabbu mengungkapkan kesyukuran dan ucapan terimakasihnya.

“Dengan Ridho Allah semoga kita semua selalu di mudahkan. Untuk IZI saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatiannya yang telah memberikan bantuan kepada masjid ini. Semoga IZI selalu jaya dan tetap berkiprah di dunia zakat sehingga bisa membangkitkan semangat masyarakat. Mudah-mudahan semua donatur diberikan rejeki yang berlipat ganda oleh Allah”, tuturnya.

Rasa senang bercampur pujian, lanjut Imam ini,

“Saya merasa seperti terangkat dilangit sebab sudah lama saya berharap ada bantuan untuk masjid ini. Dengan fasilitas yang diberikan semoga dapat meningkatkan kenyamanan dalam beribadah untuk semua jamaah. Dan untuk semua relawan semoga dipanjangkan umurnya, diberikan kesehatan oleh Allah S.W.T sehingga selalu bs beraktifitas dalam membantu masyrakat, saya yakin hanya orang-orang terpilih yang bisa seperti ini,” Terang Burhan.

Laporan : Mitra IZI Sulsel _ Karlina Ende
Editor : Redaktur Bidik News