IZI Sulsel-MTT Foundation Berdayakan Ekonomi Masyarakat Sulsel Melalui Program 1000 Lapak Berkah

9

Makassar, bidiknews.net
Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai bentuk partisipasi dalam program percepatan pembangunan Sulawesi Selatan kembali digalakkan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Sulawesi Selatan melalui salah satu program unggulannya, IZI to Success. Bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat ini adalah dengan pemberian modal usaha dalam bentuk lapak dagangan (gerobak/etalase/tenda dagangan) kepada calon penerima bantuan.

Program yang berfokus pada pemberian bantuan modal usaha kepada para kaum dhuafa penerima zakat ini menggandeng Muslim Tarqiyah Taklim (MTT) Foundation sebagai partner dalam bersinergi. Hari ini (12/11) sebanyak 3 mustahik mendapatkan bantuan lapak dagangan berupa 2 gerobak dan 1 etalase beserta tenda dagangannya melalui kegiatan Penyaluran 1000 Lapak Berkah yang dilaksanakan di MTs/MA Ats-Tsaba yang berlokasi di Kompleks Tamalanrea Mas Blok M1, BTP Makassar.

Kegiatan penyaluran 1000 lapak berkah semakin semarak dan istimewa dengan hadirnya beberapa perwakilan stakeholder kota Makassar serta pemerintah setempat. Kehadiran beberapa perwakilan stakeholder tersebut merupakan tanggapan positif serta bentuk dukungan atas program ini. Hadir dalam kesempatan ini perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM kota Makassar, jajaran pemerintah Kecamatan Tamalanrea, serta RT dan Imam masjid setempat.

Dalam sambutannya, Arman, Kepala Cabang IZI Sulawesi Selatan menjelaskan tentang peran IZI sebagai salah satu lembaga zakat nasional yang dilibatkan langsung oleh pemerintah provinsi Sulsel dalam percepatan pembangunan Sulsel. Adapun secara khusus, latar belakang kegiatan pemberdayaan masyarakat ini adalah untuk membantu mengentaskan angka kemiskinan khususnya di Sulsel. “IZI Sulsel telah memberikan tidak kurang dari 50 lapak dagangan kepada para mustahik (penerima zakat) di Sulsel dengan sebaran 80% di Kota Makassar dan berada di setiap titik kecamatan” jelas Arman.

Sedangkan Kaharuddin, selaku perwakilan dari MTT Foundation dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa MTT Foundation selain memberdayakan masyarakat melalui program pendidikan, kini juga turut serta bersinergi dalam bidang ekonomi. Dalam kesempatan ini pula, selaku perwakilan dari Dinas Koperasi & UMKM Kota Makassar, Irianis menyatakan kebanggaan dan dukungan yang sebesar-besarnya kepada IZI dan MTT Foundation atas program yang sangat dinilai sangat mendukung program pemerintah ini.

Senada dengan Irianis, Aminuddin, Lurah Kelurahan Tamalanrea selaku perwakilan Kecamatan Tamalanrea juga menyambut baik program yang dinilai dapat memandirikan ekonomi masyarakat. Rangkaian kegiatan penyerahan bantuan lapak berkah ini juga dilaksanakan dengan pengguntingan pita secara simbolis oleh Aminuddin. 

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Bahar, penerima bantuan lapak berkah yang mengatakan banyak perubahan besar pada usahanya sejak dibantu & dibina oleh IZI. Bahar & istrinya awalnya hanya pedangan kue kecil. Tapi kini, karena sudah mendapat pendampingan berupa pelatihan manajerial & keuangan dari IZI, usaha kuenya kini sudah berkembang bahkan menerima pesanan dari kantor-kantor dinas di kota Makassar. Dalam kegiatan ini pula harapan besar dititipkan kepada para penerima bantuan agar tidak lupa untuk bersedekah dan berzakat ketika usahanya telah berkembang sebagai bentuk syukur atas bantuan yang diterima dari Allah melalui para donatur. (Trinovini)