Jubir Leki Terpilih Sebagai Kepdes Wowong, Sosok Yang Progresif Ini Punya Dua Komitmen Unggulan

140

BIDIKNEWS.id, Lembata – Sorak-sorai dan antusiasme para pendukung meledak tak terbendung tatkala nama Jubir Latif Leki, pria milenial progresif ini disahkan sebagai pemenang dalam ajang Pemilihan Kepala Desa Wowong, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/11/2021).

Ucapan selamat, apresiasi dan dukungan dalam bentuk verbal lainnya mengalir ke Wowong dan bermuara pada sosok Jubir Leki. Dukungan seperti ini merupakan apresiasi gaya lama yang selalu ditujukan kepada seorang calon pemimpin yang terpilih sebagai nahkoda utama sebuah daerah kekuasaan di desa, atau juga di wilayah yang lebih luas.

Dalam bincang-bincang santai di bibir pantai Wowong bersama sosok Jubir Leki, sambil menikmati tubuh ikan segar dari Baranusa, Pulau Pantar (Alor) baik itu sebelum terpilih maupun sesudah terpilih pada 8 November 2021, terungkap sosok pemuda ini memiliki impian dan kemauan yang sangat kuat untuk membangun Desa Wowong yang jauh di selatan wilayah Kedang yang tidak banyak diketahui orang seperti di desa-desa lainnya.

Dua komitmen unggulan Jubir Leki yakni membangun pasar Nusantara Wowong serta memajukan potensi wisata di pantai Wowong dengan panorama pasir putih dan birunya laut Sawu yang memesona. Ia berkomitmen kuat untuk dua potensi itu. Dua modal besar ini juga menjadi komoditas politik yang Ia jual kepada warga Desa Wowong sebelum Pilkades serentak 2021, alhasil Jubir Leki mampu memenangkan pesta demokrasi 6 tahunan itu. Artinya, warga Desa Wowong sangat tertarik dengan ide kreatif dari mantan Sekretaris desa Wowong tersebut.

Beberapa waktu berselang, usai namaya diumumkan sebagai Kepala Desa Wowong terpilih, sosok yang murah senyum ini membuat sebuah kejutan bagi warga Wowong dan Kedang secara umum. Ia, melalui akun facebooknya, menginformasikan bahwa pada Senin 22 November 2021 akan hadir di Wowong, Hamid Haan, Kontestan Liga Dangdut (LIDA) Indonesia 2020, berdarah Alor. Usut punya usut, ternyata Hamid dan Jubir masih berstatus keluarga dekat. Sungguh luar biasa, Kepala Desa Wowong beda na dan ungkapan-ungkapan lainnya yang menggambarkan kegembiraan menyambut kabar tersebut.

Kerinduan panjang pun telah berpuncak pada Senin 22 November 2021, tatkala sebuah perahu motor berlabuh di bibir pantai Wowong. Hamid Haan telah tiba, warga pun bersorak-sorai, menari bersama diiringi bunyi gong dan gendang, musik kebanggaan orang Edang-Uyelewun. Lebih heboh lagi, ketika mentari kembali ke peraduan dan munculah malam penuh cahaya listrik. Rupanya setelah terpilih, Jubir langsung bekerja sama dengan pihak PLN Balauring agar lampu tidak boleh padam.

Makna di Balik Hiburan

Hiburan yang dibawakan oleh Hamid Haan atas inisiatif Jubir Leki, Kepala Desa terpilih dan warga Wowong patut diapresiasi. Mengapa? Hal yang paling penting diketahui ialah Jubir sudah mulai bekerja melayani warga Wowong bahkan Kedang secara umum dengan mengggelar hiburan, walaupun dirinya belum dilantik secara resmi sebagai Kepala Desa. Ia pernah mengatakan, warga Wowong butuh hiburan; warga Wowong butuh bahagia untuk mendukung langkah pertama kepemimpinannya.

Dari acara hiburan tersebut, tentu saja publik hadir untuk mulai mendukung Jubir dalam menapaki panggilannya sebagai orang nomor satu di Desa Wowong. Karena itu, Jubir Leki mesti memetik makna positif di balik kehadiran warga Wowong pada acara malam hiburan tersebut. Bahwa bukan hiburan yang menjadi prioritas melainkan pelayanan politis di Wowong selama 6 tahun ke depan.

Kehadiran Warga Wowong dan sekitarnya mesti dimaknai sebagai sebuah energi positif berlipat ganda yang diberikan kepada Jubir Leki dalam memimpin desa tersebut. Dengan itu, maka usai hiburan tersebut dan setelah pelantikan pada 28  Desember 2021, Jubir mesti menghadirkan bukti yang lebih relevan dan menggetarkan Wowong dalam program kerja sesuai visi dan misi yang telah dipaparkan selama kampanye politiknya.

Jika Jubir mampu menjawab visi dan misi politiknya, tak bisa tidak, pada 2026/2027 mendatang, tamu terhormat baik itu Hamid Haan atau penyanyi profesional lainnya bisa diundang lagi untuk menghibur warga Wowong. Namun, jika hiburan semalam tidak bermakna sedikit pun bagi kepemimpinan Jubir ke depan, warga Wowong patut bertanya, ada apa di balik semua itu?

Akhirnya proficiat untuk Jubir dan segenap warga Wowong, terima kasih banyak untuk Hamid Haan dan rombongan dari Alor yang setia mengarungi laut Sawu dengan kurang lebih empat jam perjalanan demi melayani warga Uyelewun yang merindukan suara manis dari lelaki tampan Nusa Kenari.

Laporan: Antonius Rian
Editor: Markus Kari