Jumadi Karabi, Sosok Mujahid Pendidikan yang Terlupakan

5

Siapa yang tidak mengenal Jumadi Karabi?, sosok disabilitas yang juga pebisnis ulung ini hampir dikenal di kalangan pemodal rumput laut indonesia. Dengan fisiknya yang tak lengkap, tidak menghalanginya untuk berkarya demi keluarga,

Siapa sangka, jika bapak 3 anak ini pernah menjadi penyambung tangan pendidikan di Marica?, sebuah desa kecil yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, ujung  Pulau Alor. Kala itu, karena Pendidikan lanjutan SMP dan SMA belum ada di Marica, beliau bersama teman teman seperjuangannya berinisiatif untuk membawa beberapa anak putus sekolah untuk di sekolahkan di sebuah Pondok Pesantren di Kupang.

Bersama Hasanuddin Leky, mereka berdua kembali ke Marica dan menggalang anak anak, memberi kayakinan kepada orang tua mereka, agar anak anaknya dapat diberangkatkan di wilayah seberang nun jauh. Alhasil, beberapa diantara mereka yang pernah diberangkatkan sudah berhasil dan juga mengenang karya perjuangannya.

Salah satunya Suhardi Anas, dalam akun Facebooknya, beliau menuturkan jika Jumadi adalah sosok yang nyaris terlupakan berikut Postingannya;

Jumadi Karabi 
Sosok yang nyaris kita lupakan dan mungkin tak pernah terlintas dalam do’a-do’a kita.
Jasanya mungkin setara dengan Muhajir Efendi di zaman itu (1995). Waktu itu belum ada SMP dan SMK di Marica dan hanya orang2 tertentu yang bisa sekolahkan anaknya di Kalabahi, maka setiap anak yg mau tamat SD sudah disiapkan sampan utk menjadi nelayan atau disiapkan kebun utk menjadi petani dan nelayan. Entah orang2 yg dia bawa ke Kupang untuk sekolah hari ini sudah jadi apa??.

Kadang hati ini menangis mendengar engkau dizolimi atau disakiti…
Terimakasih kakanda semoga jasamu dibalas pahala yg melimpah dari Allah swt. Aamiin.

#EngkauperantaradariTuhanyangmembuatkamitidakjadigembelhariini.

Inilah sekelumit kisah inspiratif, semoga kita juga bisa seperti beliau. Allaahumma Aamiin….