Kades Asaki dipolisikan, diduga menganiaya Warganya, BAIN HAM RI minta Kades ditahan

25

Sultra, bidiknews.net – Kepala Desa Asaki Lambuya Konawe Sulawesi Tenggara, Syamsul, S.Sos dilaporkan ke pihak kepolisian karena diduga telah melakukan penganiayaan terhadap warganya sendiri yang bernama Asep Hartono, namun hingga saat ini, pelaku masih belum ditahan padahal Laporan Polisi telah dibuat di Polsek Lambuya pada 1 April lalu.

Perihal ini, mendapat respon dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ( BAIN HAM RI ) dengan langkah menugaskan DPW BAIN HAM RI Sulawesi Tenggara untuk mengawal kasus tersebut dan meminta Kapolsek Lambuya menahan Kepala Desa Asaki yang diduga arogan terhadap warganya.

“Kami sudah tugaskan DPW BAIN HAM RI Sultra untuk mengawal kasus ini dan juga kuasa hukumnya dari DPW”. Ungkap Djaya kepada media ini pada, 08/04/2020.

Advertise

Baca Juga

Djaya Jumain, SKM., S.H. Yang juga adalah Ketua Bidang OKK di BAIN HAM RI Pusat ini meminta kepada Pengurus DPW BAIN HAM RI Sulawesi Tenggara mengawal kasus dan laporan korban di Mapolsek Lambuya bernomor : LP/ 01/IV/2020/Sek Lby pada tanggal 1 April 2020 yang diterima oleh Aipda A. Rahman beberapa waktu lalu.

Djaya yang juga mantan Jurnalis RCTI dan Kompas tv ini mempercayakan kasus ini ke Polsek Lambuya untuk menahan pelaku yang tak lain adalah Kepala Desa. Sementara Ketua Umum DPW BAIN HAM RI Sultra, Raimuddin, menyatakan siap menjalankan perintah dan amanah DPP BAIN HAM RI dan sebelumnya korban telah di dampingi oleh Kuasa hukum dari Pemgurus DPW BAIN HAM RI Sultra.

Raimuddin berharap Kepala Desa Asaki tidak mendapat perlakuan khusus dari aparat penegak hukum dan tetap bekerja secara profesional.

Laporan : Mitra BAIN HAM RI Sultra
Editor : Redaktur Bidik News