Kaget dengan pemberitaan Media, Kades Sano Lokom antar BLT Milik Nenek 70 tahun

566

Manggarai Timur, Bidiknews.id – Kepala Desa Sano Lokom, Mikael Jemedo, akhirnya menyerahkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) milik Veronika Duwat (70), lansia asal Rembong RT/RW: 004/002, menyusul pemberitaan media Bidik News dengan judul, Soal BLT, Kades Sano Lokom Bohongi Nenek 70 Tahun? edisi Kamis, 3 September lalu.

Kades Jemedo, saat dikonfirmasi Via Telepon, membantah jika dirinya membohongi Veronika. Dia menyebutkan Dana BLT milik Istri almarhum Baltasar Datung tersebut masih tertahan di Bendahara, sebab selama pembagian BLT berlangsung Veronika tidak penah datang di Kantor Desa.

“Dia jarang ada di Kampung. Kemarin saya hantar sampai di Wakas, Desa Compang Kempo,” tandas Jemedo Minggu (6/9/2020).

Advertise

Baca Juga

Padahal diketahui, Dana Desa ada tiga tahap. Tahap pertama, bulan April lalu, sebesar Rp. 600.000, tahap 2 bulan Mei, juga Rp. 600.000. Dan tahap ke 3 bulan Juni dengan nominla Rp. 600.000,

Sebelumnya diberitakan, pembagian BLT Dana Desa Sano Lokom, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), NTT menuai polemik. Pasalnya, Sang Kades hanya mengambil data Veronika Duwat, seorang nenek berumur 70 tahun, warga kampung Rembong RT/RW: 004/002. Hingga akhir Agustus 2020, Ibu Empat anak tersebut tidak pernah dipanggil untuk menerima uang yang konon dipersiapkan mengurangi beban masyarakat desa, di tengah tekanan ekonomi, akibat pandemi Covid-19.

Dari pemberitaan ini, sejak terbit dan disebarkan, Kepala Desa Sano Lokom Mikael Jemedo langsung mengantarkan uang hak Nenek Janda 70 tahun tersebut. Miris, tapi itulah kenyataannya.

Veronika, saat ditemui Bidik News, belum lama ini, mengungkapkan bahwa namanya terdaftar dalam data base calon penerima BLT DD Sano Lokom. “Saya dengar cerita dari orang bahwa nama saya ada di daftar penerima. Tapi saya tidak pernah dipanggil untuk menerima uang itu. Bahkan saya tunggu sejak bulan April, Mey, Juni hingga Juli. Tidak ada kabarnya dari pihak desa. Akhir bulan Agustus lalu, saya memilih untuk tinggal di rumah saya punya anak di Wakas, Desa Compang Kempo,” tandas Vero.

Informasi yang dihimpun Bidik News, Aparat Desa yakni Kepala Dusun Rembong Loca dan salah satu anggota BPD, juga menerima dana BLT. Kades Mikael Jemedo juga dikabarkan telah menyalurkan BLT susulan kepada 54 Kepala Keluarga bersumber dari Dana Desa.

Laporan : Biro NTT _ Nardi Jaya, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News