Keluar dari PAN, Amien Rais Perkenalkan Partai Ummat

29

BIDIKNEWS.id, Jakarta – Partai Politik di Indonesia dari hari ke hari semakin bertambah. Seperti diketahui, pada Pemilu 2019 lalu ada Empat partai politik baru yang ikut serta dalam kontestasi. Partai itu ialah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Beringin Karya (Berkarya) dan Partai Garuda. Setahun setelahnya pada tahun 2020 ini, Partai Gelombang Rakyat (Gelora) besutan Mantan Presiden PKS, Anis Matta resmi berdiri dan disahkan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Menyusul Partai Gelora, jelang akhir tahun ini, Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais mendeklarasikan partai barunya. Partai itu dinamakan Partai Ummat.

Pengumuman itu disampaikan Amien Rais secara resmi secara daring melalui akun Youtube-nya, Amien Rais Official, hari ini Kamis 1 Oktober.

“Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman,” kata Amien Rais dilansir dari CNN Indonesia.com.

Dia menuturkan dalam sejarah umat manusia hanya negara yang mampu melakukan kezaliman kolosal dan sebaliknya, hanya negara yang dapat menegakkan keadilan secara merata.

Semua itu disebut Amien tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa. Apakah membela kepentingan rakyat atau sebaliknya kepentingan konglomerat.

“Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan aturan demokratis universal,” ujar dia.

Sebelumnya, Amien Rais menyatakan parpol barunya ini memiliki semboyan lawan kezaliman dan tegakkan keadilan. Sementara, Islam Rahmatan lil Alamin menjadi asas bagi partai tersebut.

Mantan Ketua MPR RI itu mengklaim pembentukan parpol baru ini tak hanya berorientasi pada kekuasaan semata.

Menurutnya, latar belakang pendirian parpol ini dilakukan usai melihat berbagai situasi memprihatinkan kepemimpinan di Indonesia saat ini. Amien Rais menilai, rezim yang sedang berkuasa saat ini jauh dari harapan rakyat.

“Semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral atau etika atau akhlak yang baik dan adiluhung,” kata Amien Rais.

Opsi nama untuk parpol baru di bawah komando Amien Rais pernah dibocorkan oleh pendiri PAN Muhammad Yunus. Menurutnya, terdapat tiga opsi nama yang masih terus didiskusikan oleh pihaknya dengan Amien Rais.

“Ada Partai Amanat Rakyat, Partai Amanat Reformasi, (dan) PAN Reformasi. Belum bulat soal nama partai,” kata Yunus dikutip dari CNNIndonesia.com, 8 Mei 2020 lalu.

Editor: Ahmad Rusli