Kepala Desa Sano Lokom Diduga Palsukan Nama Ketua BPD

596

Manggarai Timur, bidiknews.id – Kepala Desa Sano Lokom, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Mikael Jemedo diduga telah memalsukan nama Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai Wakil Ketua Relawan Desa Lawan Covid-19 di tingkat Desa Sano Lokom. Padahal, dalam Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PPKTD), secara jelas menegaskan Ketua BPD adalah wakil relawan dan kemudian status keberadaannya tidak bisa dimanipulasi.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua BPD Sanolokom, Yuvensius Rabu Senin 7 September 2020.

“Dalam data relawan Covid-19 Desa Sano Lokom, nama dan status jabatan saya digantikan oleh Imakulata Bamus. Saya sendiri kaget dan sejak saat itu pula, saya tidak pernah dilibatkan dalam urusan di desa,” jelas Yuvensius.

Struktur Relawan Desa Lawan Covid-19 Desa Sano Lokom
Advertise

Baca Juga

Tidak berhenti disitu, sambung Yuvensius, menjelang pemilihan BPD yang harus dilaksanakan melalui proses demokrasi, Kepala Desa hanya mengakomodir orang-orang tertentu, sehingga pemilihan di Desa Sano Lokom tanpa pemilihan langsung oleh rakyat dan diduga sarat nepotisme.

“Saya berharap, nama-nama anggota BPD baru yang saat ini sudah di PMD, mohon ditinjau kembali. Kepada Bapak Bupati Manggarai Timur, diminta untuk tidak menandatangani Surat Keputusannya,” harap Yuven.

Imakulata Bamus, saat dikonfirmasi Via Telepon, kepada Bidik News membenarkan bahwa dirinya menjadi Wakil Ketua relawan covid di Desa Sano Lokom. “Iya benar pak. Saya wakil ketuanya,” tandas Bamus singkat.

Hingga berita ini dipublikasi, Kades Sano Lokom belum berhasil dikonfirmasi. Bidik News telah menghubungi sang Kades melalui sambungan telepon. Namun, nomor yang bersangkutan di luar jangkauan.

Laporan: Biro NTT_Nardi Jaya, S.Pd

Editor: Ahmad Rusli