Kepsek SDI Rewung selewengkan dana BOS serta pecat Guru sepihak?

3282

Manggarai Timur, bidiknews.id – Kepala Sekolah Dasar Inpres (SDI) Rewung, Desa Tango Molas, Kecamatan Poco Ranaka Timur, berinisial FH diduga melakukan penyelewengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap 1 tahun 2020. Hal tersebut bermula ketika FH tidak membayar upah Kontesia L. Rita, sala satu guru honorer dan membuat laporan fiktif kunjungan ke rumah siswa selama masa pandemi CoViD-19.

Kontesia L. Rita, saat dikonfirmasi Bidik News mengungkapkan, selain gajinya tidak dibayar, FH juga melakukan pemecatan secara sepihak terhadap dirinya. “Saya sudah mengabdi 12 tahun di SDI Rewung pak. Secara sepihak dia (FH) memecat saya karena saya menuntut hak saya yang belum dibayar,” ungkap Kontesia (Kamis 20/8/2020).

Sementara itu, Basilius Teto, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai Timur saat dikonfirmasi Via telepon mengatakan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan masalah itu di Kantor Dinas PPO.

Advertise

Baca Juga

“Masalah itu sebenarnya sudah selesai disini beberapa minggu lalu. Namun saya kurang mengerti mengapa dia (FH) mengangkangi kesepakatan yang sudah kita buat sama-sama. Saya baru tahu Guru yang mengabdi selama belasan tahun itu sudah dipecat secara sepihak oleh dia,” tandas Teto.

Teto berharap, Kepsek tersebut meninjau kembali keputusan pemecatan dan tidak mengangkangi beberapa poin yang telah disepakati bersama-sama saat mediasi.

Bidik News telah berusaha melakukan konfirmasi dengan FH. Namun saat dihubungi Via telepon, FH tidak mengangkat dan SMS juga enggan dibalas.

Laporan : Biro NTT _ Nardi Jaya, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News