Kisah Haru Diterimanya Anak Sopir Di SMPN 6 Kota Kediri Lewat Program Prestasi Seni

BIDIKNEWS.ID, Kediri - Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Kediri memang sempat menuai pro dan kontra. Meski demikian sistem ini rupanya juga membawa kisah haru bagi seorang siswa didik baru; tentang seorang anak sopir yang berhasil lolos di salah satu sekolah Negeri favorite di Kota Kediri.

Melalui jalur akademik dan prestasi seni sinden, La Viola Valentania Kidny, anak mujur ini berhasil diterima di SMP Negeri 6 Kota Kediri. Anak pasangan dari Andri Budi Pratama dan Vittaria Ike Dhevi Lestyasari atau lebih dikenal dengan nama panggilan Zevitta Vallent.

Ditemui Bidik News saat daftar ulang di SMPN 6 Kota Kediri, Viola menuturkan, jika dirinya tidak menyangka akan diterima di sekolah favorit tersebut. Yang memang menjadi impiannya, mengingat latar belakang keluarganya yang secara perekonomian biasa-biasa saja.

"Enggak nyangka, senang banget bisa diterima di SMP Negeri 6 Kota Kediri karena yang daftar disekolah tersebut banyak sekali, saingannya banyak" ucap Viola sambil tersenyum bahagia.

Viola Lahir dari keluarga dengan ekonomi yg pas - pasan. Ayahnya bekerja sebagai sopir, sementara ibunya hanya seorang ibu rumah tangga yang juga berprofesi menjadi biduan bila ada job tanggapan.

Bakat Viola lahir dari ibunya yang rajin mempelajari olah vocal sinden, selain itu viola juga sering sekali ikut latihan di sanggar-sanggar kesenian di dekat rumahnya, di desa Maron kecamatan Banyakan.

Semangat seni dalam olah vocal sinden Viola sangat di support oleh ayahnya.Orang tua Viola sangat bersyukur bisa diterima di sekolah yang berprestasi di bidang seni karawitan, dengan begitu generasi penerus bangsa bisa terus melestarikan budaya jawa.

Salah satu aktifis dari Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Jawa Timur, Roy Kurnia Irawan mengatakan "Proses PPDB di Kota Kediri sudah berlangsung terbuka secara Online, jadi semua bisa mengakses dan memantau langsung proses PPDB tersebut.

"Saya yakin siswa yang diterima di sekolah Kota Kediri sesuai dengan prosedur dengan nilai dan atau bakat prestasi yang telah dimiliki siswa tersebut, Insha Allah tidak ada calo jual beli kursi karena orang tua siswa bisa langsung mendaftar dan memilih sekolah secara Online, sesuai nilai ataupun bakat prestasi yang dimiliki anaknya. Orang tua bisa memilih lewat berbagai program, mulai Afirmasi, Inklusi, Nilai Akademi, Prestasi dan Seni." pungkas Bang Roy.

Laporan : Biro Jatim - Kuswanto
Editor : Redaktur Bidik News