Komunitas Relawan Antisipasi Bencana Jatim Kembali Turun Gunung

32

BIDIKNEWS.id, Sidoarjo – Kegiatan Komunitas Relawan Antisipasi Bencana (RENTAN) terus dilakukan, hal ini untuk membantu penanganan berbagai ancaman bencana alam di berbagai wilayah, khususnya Sidoarjo dan Jawa Timur secara keseluruhan.

Seperti diketahui, wilayah Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang memiliki resiko bencana tinggi. Bencana yang sering mengancam, diantaranya longsor, pergerakan tanah, kekeringan, gunung berapi, gempa bumi, dan kebakaran lahan.

Kepada Bidik News, Ketua Relawan Antisipasi Bencana, Adrian mengatakan, saat ini RENTAN yang akan terbentuk di seluruh wilayah Jawa Timur perannya sangat penting dan juga dibutuhkan,

Advertise

Baca Juga

“Peran relawan sangat penting dan membantu sekali, karena memiliki tugas membantu penanganan hingga pencarian korban, ketika bencana alam terjadi,” ujar Adrian Ahad, 18/10/2020.

Lanjut Andre, yang juga merupakan Komandan RENTAN, bahwa didirikannya komunitas ini sejak awal hadir memfokuskan gerak untuk penanganan pasca bencana, sasarannya kepada korban di lokasi bencana.

“Kegiatan yang selama ini dilakukan oleh Komunitas Relawan RENTAN Jatim sejatinya hanya bagian terkecil dari upaya pendampingan dalam menghadapi bencana alam ini,” Ujarnya.

Berbagai kegiatan pra bencana rutin akan diadakan DPD RENTAN Jatim, seperti gladi simulasi bencana. Adrian menerangkan, beberapa komunitas peduli bencana di Jawa Timur juga akan membentuk DPD RENTAN.

“Sebetulnya untuk tingkat Provinsi Jatim belum dibentuk. Jadi mungkin, sekarang ada inisiatif dari komunitas gabungan sekitar Jawa Timur untuk membentuk Rentan diwilayah Jawa Timur.” Katanya kepada Bidik News.

Modal seorang relawan tidak hanya sekadar memiliki semangat menolong, melainkan juga harus berbekal keahlian dan kemampuan agar mengerti yang harus dilakukan, baik saat, prabencana maupun pascabencana.

Laporan : Biro Jatim _ Kusno
Editor: Redaktur Bidik News