Kreatifitas Melky Koseng Sulap Kayu Sisa Jadi Aneka Furnitur

525

BIDIKNEWS.id, Manggarai Timur_Kayu merupakan salah satu material terfavorit untuk membuat perabot rumah. Perabot dari kayu banyak digemari karena memiliki struktur yang kokoh serta warna yang alami.

Banyak orang lebih memilih kayu jati dan kayu mahoni untuk dijadikan bahan pembuat furnitur seperti lemari, meja, kursi, dan tempat rak buku, dan lain-lain.

Di Kabupaten Manggarai Timur, NTT, seorang pengrajin bernama Melky Koseng, berhasil menyulap kepingan kayu-kayu sisa dari Jati dan Mahoni menjadi aneka furnitur seperti meja, kursi, rak buku, rak TV, dan aneka furnitur lainnya. Uniknya, Pria yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut mengisi waktu luang dan hari libur untuk mengasa bakatnya itu.

Selama masa pandemi ini, hasil karyanya tetap laku terjual. Harganyapun bervariasi. Namun bagi Mekhos, sapaan akrab Melky Koseng, yang menjadi prioritas utama adalah kepuasan konsumen.

"Harganya bervariasi. Mulai dari 30 ribu sampai 500 ribu. Semuanya dari kepingan kayu-kayu sisa," tandasnya saat ditemui Bidik News, Sabtu (19/12/2020).

Mekhos mengatakan, awal Dia menekuni usaha yang menjadi hobinya tersebut karena jenuh saat libur pandemi pada pertengahan tahun 2020 lalu. Saat itu, ia membeli alat-alat mebel dan nekat memulainya pelan-pelan.

"Kalau cari desain, kayu, tukang pasti ribet dan lama. Saya nekad beli alat sendiri. Konsekuensinya harus berkelanjutan dan hasil produksinya juga banyak," ujar pria Kelahiran Juni 1984 tersebut.

Untuk model dan desain, ucap Mekhos, semuanya ada di YouTube. Paling penting adalah niat dan kemauan.

Penulis: Nardi Jaya