Kualitas Pekerjaan Ruas Jalan Bagalbui-Eibeki (Mataru) Buruk, Diduga Kurangnya Pengawasan

505
Kualitas Pekerjaan Ruas Jalan Bagalbui-Eibeki (Mataru) yang sudah buruk diduga tidak ada pengawasan.

BIDIKNEWS.id, Alor - Pembangunan ruas jalan Bagalbui-Eybeki yang dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT. Tiga Dara Karya Sejahtera sementara ini masih terus dilaksanakan hingga saat ini. Padahal sudah melampaui masa kontrak kerja yang telah disepakati.

Ruas jalan yang berstatus jalan Kabupaten ini, dikontrak selama 240 hari kalender kerja  terhitung mulai tanggal 12 januari 2021. Pada dasarnya, seharusnya jalan ini sudah rampung pada pertengahan bulan September 2021 dan sudah dinikmati oleh masyarakat. Namun, pada kenyataannya ruas jalan yang dikerjakan dari Desa Kamaifui menuju Desa Mataru Selatan, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur ini masih belum selesai juga dikerjakan.

Hal ini disampaikan oleh Kalfin Romelus Karbeka, salah satu Aktivis di Kabupaten Alor yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum Ikatan Mahasiswa Mataru (IKMATAR) Masa Bakti 2018/2019.

“Saya sebagai salah satu dari sekian banyak orang pengguna ruas jalan (dari Desa Kamaifui menuju Desa Mataru Selatan) ini sangat menyesal, pasalnya menurut pengamatan saya, jalan ini kualitasnya sangat buruk. Ini dapat kita lihat pada beberapa ttitk yang sudah hancur, meskipun baru dikerjakan. Lagi pula, ini kan anggaran tahun 2021, tapi sampai tahun 2022 belum selesai juga, dan masa kontraknya juga sudah lewat, terus yang sementara kerja ini kontrak dengan siapa dan diawasi oleh siapa? Kontraktor tidak boleh bekerja seenaknya begitu, lalu terkesan ada pembiaran yang dilakukan oleh Dinas PU Kabupaten Alor," ungkap Kalfin yang kini menjabat sebagai Ketua Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Kalabahi kepada Bidik News, Minggu (6/2/2022) pagi di Kalabahi.

Papan informasi kegiatan Pekerjaan Ruas Jalan Bagalbui-Eibeki, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Dirinya juga menyesali kurangnya pengawasan dari Konsultan Pengawas dan juga Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas PU Kabupaten Alor.

Melihat kondisi ruas jalan dan kurangnya pengawasan dari Dinas PU Kabupaten Alor dan DPRD Kabupaten Alor yang dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT. Tiga Dara Karya Sejahtera, Ketua Cabang GMKI Cabang Kalabahi berjanji akan segera membuat laporan kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Alor.

"(Saya akan membuat laporan/red) agar dapat memonitoring proses pengerjaan jalan ini dan apabila ditemukan ada hal-hal yang ganjal, maka dapat mengambil tindakan tegas sehingga memberikan efek jerah kepada kontraktor yang bekerja dengan tidak professional seperti ini," tegas Kalfin.

Sementara itu, Kontraktor Pelaksana PT. Tiga Dara Karya Sejahtera belum berhasil dikonfirmasi Bidik News terkait proses pengerjaan ruas jalan yang dikerjakan dari Desa Kamaifui menuju Desa Mataru Selatan, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur ini hingga berita ini ditayangkan.

Laporan/Editor: Redaktur Bidik News