Kurangnya Stabilitas Jaringan Internet Selama Masa Pandemi Covid-19

128

BIDIKNEWS.id, Manggarai – Jaringan internet merupakan suatu perangkat atau sistem komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh semua pengguna terlebih khusus anak sekolah di zaman pandemi Covid-19 saat ini. Internet singkatan dari interconnection network atau jaringan antar koneksi. Pada awalnya internet hanya digunakan sebagai penghubung jaringan antar komputer yang berbasis internet protocol. Dengan perkembangan zaman saat ini, untuk melayani miliaran pengguna maka dibuatlah rangkaian sistem jaringan besar yang dinamakan dengan internet.

Internet memiliki arti yang dimana pada awalnya disebut sebagai penghubung antar jaringan komputer. Namun sekarang ini diartikan sebagai jaringan komunikasi antar sesama melalui teknologi dengan memerlukan jaringan internet. Internet juga merupakan kumpulan jaringan komputer yang terhubung baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Internet memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan lainnya.

Advertise

Sekarang, internet selalu digunakan oleh kita semua untuk mengakses informasi ataupun untuk melakukan komunikasi. Internet memiliki manfaat yang sangat besar bagi kita semua terlebih khusus anak sekolah. Di era modern atau globalisasi dan digitalisasi saat ini, kita semua sangat membutuhkan jaringan internet dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan adanya jaringan internet saat ini, kita dapat mengakses dengan cepat berbagai informasi, dapat berkomunikasi dengan sesama secara cepat melalui media elektronik, bisa membantu melakukan pekerjaan kita, bisa bermain game atau menonton video dan ada banyak lagi manfaat dari penggunaan internet di zaman sekarang.

Internet membawa banyak ragam sumber daya dan layanan informasi, seperti dokumen hypertext yang saling terkait dan aplikasi world wide web, surat elektronik, telepon, dan dokumen lainnya. Internet sebagai suatu jaringan terbesar yang seringkali dipandang sebagai sebuah pusat dari berkembangnya informasi.

Berikut beberapa pengertian internet menurut pendapat para ahli antara lain:

a) Menurut Alan (2005)
Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubungan satu sama lain secara fisik dan juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang sering kita kenal dengan Istilah internet.

b) Menurut Randall
Internet adalah suatu jaringan Global yang terdapat dalam sebuah jaringan komputer. Internet juga merupakan salah satu jaringan Global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer, yang tentunya bisa diakses di mana saja.

c) Menurut Drew
Internet merupakan sebuah jaringan yang sangat kuat dan bisa menghubungkan bermacam-macam komputer ke dalam suatu jaringan yang sangat luas.

d) Menurut Grennlaw
Internet yaitu suatu sistem Informasi global yang terhubung secara logika, ole adress atau alamat yang unik berbasis IP(internet protocol). Hal ini dapat menyebabkan internet bisa digunakan, diubah, dan juga bisa diakses baik secara umum maupun secara khusus.

Adapun beberapa fungsi dari internet antara lain yaitu:

1) Sebagai media komunikasi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia.

2) Sebagai media untuk mengakses informasi dengan cepat dan tepat.

3) Sebagai media untuk bertukar data atau file seperti gambar, video, teks dan lain-lain.

4) Sebagai media untuk Mengakses Informasi Internasional dan nasional.

5) Sebagai media hiburan seperti bermain game dan menonton video.

6) Sebagai media untuk promosi.

7) Sebagai media untuk berbelanja dan lain-lain.

Dengan berkurangnya stabilitas jaringan internet di zaman sekarang terlebih khusus di zaman masa pandemi Covid-19, kebanyakan orang-orang mengeluh dengan adanya jaringan internet yang kurang begitu stabil karena pemakaiannya terlalu melebihi kapasitas yang tersedia. kurangnya stabilitas jaringan internet membuat warga masyarakat terlebih khusus masyarakat di Indonesia yang berada jauh dari jaringan internet yang tersedia merasa kesal. Di masa pandemi Covid-19 saat ini, stabilitas jaringan internet yang tersedia semakin menurun bahkan mengalami kendala yang begitu besar dikarenakan faktor penyebabnya yaitu terlalu banyaknya pengguna jaringan internet yang berlebihan.

Seperti yang kita ketahui di zaman sekarang terlebih khususnya dari zaman tahun 2020-2021, jaringan internet mengalami kendala yang sangat besar terutama jaringan internet yang digunakan oleh anak-anak sekolah saat ini tidak terlalu stabil bahkan begitu banyak anak sekolah terlebih khusus bagi mahasiswa-mahasiswi yang mengalami perkuliahan dari rumah dengan begitu rumit dikarenakan berkurangnya stabilitas jaringan yang tersedia terlebih khusus di masa pandemi Covid-19 yang berkelanjutan sampai saat ini.

Di masa pandemi Covid-19, meskipun stabilitas jaringan internet berkurang tetapi pekerjaan yang kita lakukan setiap hari tetap dilaksanakan dengan mengandalkan jaringan internet. Nyatanya, pekerjaan yang kita lakukan kebanyakan dengan cara luring atau yang disebut dengan sistem online. Seiring dengan berjalannya waktu di masa pandemi Covid-19 saat ini, ada beberapa tips yang harus digunakan dalam memilih internet yang cocok dalam mempertimbangkan untuk dijadikan sebagai solusi ketika melakukan kegiatan dari rumah atau yang disebut dengan luring yaitu:

a) Pilih internet dengan 100% fiber optic, karena lebih cepat dan stabil dibandingkan jaringan internet biasanya. Layanan jaringan internet tersebut memiliki kemampuan upload dan download dalam mengakses materi atau bahan ajar yang diberikan dari kampus.

b)  Harga berlangganan murah.

c)  Internet sekaligus sepaket dengan TV kabel Interactive. Dengan begini bekerja atau belajar secara online, tetap bisa menikmati hiburan tayangan favorit di sela aktivitas.

d)  Berlangganan dengan Promo yang banyak bonusnya.

Sejalan dengan itu seperti yang kita ketahui dari berbagai pemberitaan di media massa, MNC Play memberikan penawaran Terbaik dan Spesial dengan menghadirkan Kampanye WAO Internet Super Cepat dan Super Hemat 24 jam jam. Kami mengerti dan paham bahwa masyarakat sekarang ini sangat membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil.

Penulis: Falerianus Etus (Mahasiswa UNIKA St. Paulus Ruteng)
Editor: Markus Kari