Lumajang Diselimuti Awan Panas Vulkanik Semeru

62

BIDIKNEWS.id, Lumajang – Efek letusan Semeru masih dirasakan warga sekitar, tepat Ahad 6/12/2020, sekira pukul 16:00 WIB kemarin, Semeru memuntahkan awan panas. Hal ini membuat warga kaki gunung panik dan lari berhamburan.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendali Operasi BPBD Kabupaten Lumajang, peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru masih terus terjadi hingga kini. Awan panas guguran teramati dengan jarak luncur 1.500 meter.

Kepada Bidik News, Adrian, relawan KOMPAK Jatim memberikan keterangannya dari lokasi kejadian. Dia mengatakan jika kepanikan warga terjadi akibat munculnya awan panas muntahan vulkanik gunung Semeru.

Advertise

“Awannya muncul jam 4 sore mas, melihat merasakan ada awan panas, kami langsung siaga untuk mengevakuasi warga,” ungkap Adrian.

Dihubungi Bidik News, hingga kini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan status vulkanik Gunung Semeru pada level II atau ‘Waspada.’

Terkait dengan aktivitas dan status vulkanik Gunung Semeru, PVMBG merekomendasikan, masyarakat/pengunjung/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah/puncak Gunung Semeru dan jarak 4 km arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara.

PVMBG mewaspadai awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Radius dan jarak rekommendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Laporan : Biro Jatim_Kusno/Andre
Editor : Redaktur Bidik News