Mahasiswa KKL STKIP Muhammadiyah Kalabahi Bagikan Buku Bacaan Untuk TB. GIR LAMAR-Desa Delaki

258
Sesi foto bersama Pengelola, Ketua Karangtaruna Desa Delaki, Guru Pengajar, Mahasiswa KKL STKIP Muhammadiyah Kalabahi dan Anak-Anak setelah pembagian buku baca

BIDIKNEWS.id, Alor - Kampus sebagai lumbung pencetak Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan tiga point utama yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian Kepada Masyarakat.

Untuk menjawab hal tersebut, pada tahun ajaran 2021/2022, STKIP Muhammadiyah Kalabahi mengirimkan Mahasiswa-Mahasiswinya ke beberapa Desa di wilayah Kabupaten Alor, guna menyelesaikan salah satu program mata kuliah yakni Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Yang pastinya dalam pelaksanaan KKL selama berada di tempat masing-masing, setiap kelompok telah menyiapkan berbagai macam program yang langsung menyentuh kepada masyarakat dan juga dapat membantu kemajuan pembangunan desa tersebut.

Advertise

Salah satunya di Desa Delaki, Kecamatan Pantar Tengah, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Bersama dengan Karangtaruna Desa Delaki pada moment Valentine Day (Hari Kasih Sayang), 14 Februari 2022 bertempat di Taman Baca GIR LAMAR-Desa Delaki, Mahasiswa STKIP Muhammadiyah yang melakukan KKL memanfaatkan momentum tersebut dengan membagikan buku bacaan dan sebagainya.

"Senin 14 februari 2022 tepat di Hari Kasih Sayang (Valentine Day), Mahasiswa KKL dari Kampus Muhammadiyah Kalabahi yang melakukan KKL di Desa Delaki, Pantar Tengah melakukan perkunjungan ke Taman Baca GIR LAMAR-Desa Delaki sekaligus membagikan buku-buku bacaan dan juga membantu mengajar anak-anak dalam kelas membaca yang lazimnya terjadi pada hari senin setiap minggu," ujar Pengelola TB. GIR GIR LAMAR-Desa Delaki, Bernadus Z. Liwang.

Salah satu Mahasiswi KKL STKIP Muhammadiyah Kalabahi saat ikut mengajar anak-anak TB. GIR LAMAR-Desa Delaki

Kehadiran Mahasiswa KKL STKIP Muhammadiyah Kalabahi pun disambut hangat oleh Karangtaruna Desa Delaki yang merupakan Organisasi Pemuda Desa yang merintis Taman Baca GIR LAMAR-Desa Delaki tersebut.

Dalam momen berharga ini, Ketua Karangtaruna Desa Delaki, Samuel Deriko Wabang, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih serta harapan-harapannya kepada Mahasiswa KKL STKIP Muhammadiyah Kalabahi.

"Agar kehadiran mereka (Mahasiswa KKL STKIP Muhammadiyah Kalabahi) di Desa Delaki dapat berkontribusi banyak, terkhusus berhubungan dengan Taman Baca GIR LAMAR-Desa Delaki," ucap Dewa Wabang panggilan akrabnya.

"Saya mengharapkan agar tidak saja mereka (Mahasiswa KKL STKIP Muhammadiyah Kalabahi) membagikan buku-buku tapi juga bisa terlibat dan membimbing anak anak di TB. Gir LAMAR-Desa Delaki selama beberapa waktu mereka di Desa Delaki. Karena pada dasarnya hampir semua mahasiswa KKL ini berlatar belakang pendidikan sehingga diharapkan untuk bisa bersama membangun tunas tunas Desa," pintanya.

Hal yang sama pula disampaikan oleh salah satu Guru Taman Baca GIR LAMAR-Desa Delaki, Susanti Maukaling, S.Pd, bahwa kehadiran teman-teman Mahasiswa KKL STKIP Muhammadiyah Kalabahi sudah sangat membantu.

"Tinggal bagaimana kita bersama-sama membagikan pengalaman dan ilmu teman-teman (Mahasiswa) kepada adik-adik di Taman Baca GIR LAMAR-Desa Delaki," ujarnya.

Direspon oleh salah satu Mahasiswi, Vivi yang juga selaku Sekretaris Kelompok KKL STKIP Muhammadiyah Kalabahi Desa Delaki.

"Kami sangat senang untuk berbagi bersama anak-anak. Kami menawarkan kegiatan-kegiatan kreatif seperti membuat bunga dari bahan-bahan alam dan beberapa kegiatan kreatif lain di luar kelas membaca dan (belajar) bahasa inggris. Kami bersedia akan berbagi dengan adik-adik di Taman Baca GIR LAMAR-Desa Delaki selama kami di Desa Delaki," pungkas Vivi.

Laporan: Netizen Reporter
Editor: Markus Kari