Masyarakat Desa Gunung Tolak Rencana Kehadiran Pabrik Solar Cell

765

Manggarai Timur, bidiknews.id – Masyarakat Desa Gunung, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, menolak kehadiran pabrik solar cell yang rencananya akan dibangun di wilayah Desa tersebut.

Dasar penolakannya dikarenakan lahan masyarakat sudah tidak ada yang kosong dan kebanyakan telah dimanfaatkan untuk perkebunan. Hal tersebut dikatakan Tobias Dima, Kepala Desa Gunung, saat diwawancarai bidiknews.id.

“Kemarin, pemerintah desa melakukan negosiasi dengan masyarakat pemilik lahan. Mereka menolak dan kami tidak bisa memaksa. Keputusan tertinggi ada pada mereka. karena mereka yang punya lahan,” ungkap Dima, Sabtu (15/8/2020).

Advertise

Baca Juga

Hal senada diungkapkan Jaghur Stefanus, Wakil Bupati Manggarai Timur. Dirinya berpendapat penolakan tersebut adalah hak masyarakat. “Mungkin lahan sebesar itu tidak tersedia atau sudah terpakai untuk kepentingan lain,” ucapnya.

Sebelumnya, Selasa 4 Agustus lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Timur mendatangi Desa Gunung untuk mencari lahan seluas 50 ha, sebagai persiapan pembangunan pabrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau solar cell.

Dalam kesempatan tersebut, Pemda memberi waktu bagi masyarakat untuk mempertimbangkannya secara matang, sebelum memanggil pihak Investornya untuk melakukan negosiasi langsung.

Laporan : Biro NTT _ Nardi Jaya
Editor : Redaktur Bidik News