Media daring Sulsel dan UIT Gelar Pelatihan Jurnalistik Perdana

52

Makassar, bidiknews.net – Media Rakyat News dan Mata Sulsel bekerjasama Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, mengadakan Pelatihan Jurnalis, pada Jum’at, sampai Minggu, 19/01/2019 di Gedung lantai bawah UIT Jl. Rappocini Makassar.

Pelatihan Jurnalis ini merupakan kali pertama, dilaksanakan di Kampus UIT yang dimotori oleh beberapa media daring sulsel. Sabri, SKM., M. Kes, Direktur Utama media Rakyat News, yang juga adalah penyelenggara kegiatan ini berharap jika kegiatan kali ini mampu melahirkan bibit bibit baru jurnalis,

“Kita berharap kegiatan yang dilakukan oleh Rakyat News dan Mata Sulsel bekerjasama UIT ini mampu melahirkan bibit baru Jurnalis”, terang Sabri.

Advertise

Baca Juga

Kegiatan yang berlangsung 3 hari di gedung UIT Makassar ini diikuti lebih kurang 20 peserta dari berbagai kalangan. Baik jurnalis maupun mahasiswa serta masyarakat pada umumnya juga mengambil kesempatan ikut andil pada kegiatan ini.

Secara terpisah, Sudarman Djoni, salah seorang penyelenggara pelatihan citizen jurnalis ini mengaku, jika kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat pengetahuan jurnalis di lapangan

“Kegiatan ini juga kepada jurnalis agar memperkuat pengetahuannya di lapangan, karna pematerinya juga bukan orang sembarang”, cetusnya.

Sedangkan Mitha, salah seorang pemateri Kode etik jurnalistik pada kegiatan ini, Jurnalis juga harus dibekali dengan pelajaran kode etik agar mengetahui batasan batasan dalam kerjanya.
“Kegiatan ini baik untuk pemula dan jurnalis agar mampu mengetahui kode etiknya dalam pekerjaannya” tutup Mitha Mayestika, S. IP., M. I Kom.

Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat dari keseriusan mereka dalam menyimak materi demi materi yang dijabarkan oleh pemateri. Salah seorang peserta mengaku jika dari kegiatan ini, dia tahu bagaimana tekhnik dan cara penulisan serta wawancara yang benar.

“Sangat bermanfaat, karna saya jadi tau teknik teknik penulisan dan wawancara yang benar”, terang Galib, Salah seorang peserta sekaligus pengelola Pers Kampus di Universitas Islam Makassar (UIM) ini.

Laporan: Sya’ban Sartono