Meningkatkan Kualitas Spiritual Intelektual Sosial Dalam Damai Dan Kasih, KMK YPUP Makassar Gelar Mapertab dan LDK 1

206

BIDIKNEWS.id, Makassar – Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) STIE-STKIP YPUP Makassar sukses melaksanakan kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapertab) dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 1.

Kegiatan Mapertab dan LDK 1 merupakan salah satu program prioritas organisasi KMK STIE- STKIP YPUP Makassar dibawah Devisi Sumber Daya Manusia di masa Kepemimpinan Ketua Umum Berna Rena Bua selama satu periode kepengurusan (2021/2022). Sesui konstitusi, untuk meningkatkan sumber daya manusia sangat penting untuk menunjang kestabilan organisasi.

Mapertab dan LDK 1 ini di ikuti oleh 22 peserta dari Mahasiswa dan Mahasiswi STIE-STKIP YPUP Makassar dengan tema “Meningkatkan Kualitas Spiritual, Intelektual, dan Sosial Dalam Berlembaga, Dengan Berpedoman Damai Dan Kasih” ini berlangsung selama Jumat hingga Minggu (3-5 Desember 2021) bertempat di Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Advertise

Ketua Panitia Pelaksana, Kornelia Sartika dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik pengurus, anggota, maupun senior yang telah mendorong setiap kali kegiatan kepanitian. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada peserta Mapertab dan LDK 1 atas loyalitasnya dan mau bergabung di KMK STIE-STKIP YPUP Makssar.

“Saya (Panitia) merasa bangga telah menyukseskan kegiatan ini, kesempatan yang sangat luar biasa karena pengurus mempercayakan saya jadi ketua panitia dalam kegiatan kali ini,” kata Sartika.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Ketua Umum KMK STIE-STKIP YPUP Makassar Berna Rena Bua. Dalam sambutannya, Ia mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh jajaran panitia yang selama ini sudah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan. Berna juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Steering Commite dan Kordinator Lapangan, dimana selama ini berkerja keras untuk mengatur dan mengarahkan jalannya proses kegiatan Mapertab dan LDK 1.

“Saya juga berterima kasih kepada senior dan seluruh anggota KMK (STIE-STKIP) YPUP Makassar yang sudah memberikan dukungan, arahan, dan berkontribusi baik itu berupa materi, tenaga, waktu. Tak lupa pula saya minta maaf sebesar-besarnya atas berbagai kekurangan kami selama kegiatan berlangsung,” tuturnya.

Mewakili peserta Mapertab dan LDK 1 KMK STIE-STKIP YPUP Makassar, Susana Ranny mengatakan bahwa selama kegiatan ini mendapatkan banyak ilmu tentang karakter, dan cara memanajemen waktu dalam berorganisasi. Kemudian belajar tentang kepemimpinan serta bagaimana caranya belajar berbicara di depan umum (Public Speaking). Tak hanya itu, Ranny juga bangga karena peserta yang ikut dari berbagai daerah yang melanjutkan jenjang pendidikan di STIE-STKIP YPUP Makassar.

Dia menambahkan, Mapertab dan LDK 1 ini menjadi kebahagiaan tersendiri dan teman-teman yang lain, dimana selama kegiatan berlangsung saling bertukar pikiran, berbagi ilmu pengetahuan dan tentunya bangga betapa besar solidaritas antara sesama peserta maupun anggota KMK STIE-STKIP YPUP Makassar.

“Selama kegiatan saya bisa belajar bagimana caranya menghargai orang yang lebih tua, bagi saya organisasi KMK (STIE-STKIP YPUP Makassar) itu sangat menyenangkan, dan juga merasa bangga bisa menjadi salah satu dari bagian Mahasiswi yang ikut serta dalam kegiatan (Mapertab dan LDK 1),” ungkap Ranny.

“Saya merasa telah menemukan keluarga baru serta lingkungan baru. Materi yang disampaikan sangatlah menarik dan berkesan dalam diri saya. Organisasi KMK (STIE-STKIP YPUP Makassar) ini sangat luar biasa karna kami diajarkan banyak hal-hal baru yang dapat menambah wawasan dan menguatkan mental kami sebagai Mahasiswa,” ungkapnya lagi.

Semantara itu, Robert Dacing selaku Demisioner Ketua Umum Periode 2019-2020 menyampaikan bahwa kegiatan Mapertab dan LDK 1 ini pencapaian yang sangat luar biasa yang di lakukan jajaran Pengurus KMK STIE-STKIP YPUP Makassar periode 2021-2022).

Lanjutnya, Ini langkah yang baik untuk menopang tongkat estafet organisasi kedepan. Selain dari program rutinitas organisasi, Mapertab dan LDK 1 bagian dari menambah wawasan pengetahuan.

“Saya pribadi sangat bangga, harapan kedepan semoga pengurus mampu memberdayakan anggota yang baru di kader. Sangat di sayangkan ketika peserta yang baru di kader lepas begitu saja tanpa ada kajian rutinitas, ini akan berdampak organisasi kedepan”, tutupnya.

Laporan: Markus Kari
Editor: Markus Kari