Meski Cacat Prosedural, Pemda Matim Tetap Lantik BPD Sano Lokom

379

Manggarai Timur, bidiknews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) tetap melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sano Lokom, Kecamatan Rana Mese.

Padahal, polemik mengenai pemilihan BPD di Desa Sano Lokom akhir-akhir ini menjadi sorotan media massa karena diduga pemilihannya tanpa melalui proses demokrasi.

Nama-nama anggota BPD Sano Lokom yang telah dilantik adalah Ignasius Jehuman, Yohanes Poleakares Sunggar, Paulinus Gandi Torang, Yuliana Imbuk dan Imakulata Bamus.

Advertise

Baca Juga

Ke lima anggota BPD tersebut diduga tanpa pemilihan langsung di Dua Dusun yakni Dusun N’taur dan Rembong, seperti pengakuan Yuvensius Rabu, mantan Ketua BPD Sano Lokom belum lama ini.

Jaghur Stefanus, Wakil Bupati Manggarai Timur saat diwawancarai Bidik News mengatakan dirinya tetap melantik anggota BPD Sano Lokom karena sesuai prosedur dan berkas yang diserahkan dari Kecamatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Matim dan semuanya dinyatakan beres.

“Terkait aduan masyarakat itu haknya mereka. Entah nanti penyelesaiannya seperti apa, itu urusan kemudian,” tandas Jaghur.

Pantauan Bidik News, pelantikan tersebut berlangsung di Balai Camat Rana Mese, pada Senin (21/9/2020). Turut dilantik beberapa BPD dari Sembilan Desa di Wilayah Kecamatan setempat.

Turut hadir, Wakil Bupati Matim, Saksi Rohani Pater Marselinus Beding CMF, Muhammad Kasim, Camat Rana Mese, Maria Anjelina Teme dan beberapa pimpinan OPD Lingkup Pemda Matim.

Laporan : Biro NTT _ Nardi Jaya, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News