Opini: “Nasionalisme” Agama Bangsa, Hasil Dirkursus Barat soal Penyatuan

58

Oleh: Rais Syukur Timung, S. IP
Aktivis Literasi (Nalar Pinggiran)

Tetapi Nasionalisme (kebangsaan) indonesia ini tidak seperti Nasionalisme ala Michael Havlac yang mendirikan Partai Bus sebagai penanda kebangkitan yang berimpresi sekuler. Kebangsaan kita adalah kebangsaan yg religius,tidak memisahkan antara negara dan agama.

Nasionalisme adalah Ideologi moderen. Hasil rasionalisasi pemikir Eropa atas solusi terhadap perang Agama yang berpuluh puluh tahun di Benua biru.

Immanuel Kant memberi Filosofi “Unity of reason”. Yang Berimplikasi pada “Nation state”.

Advertise

Baca Juga

Konsep kebangsaan, maupun kemanusiaan sudah lama ada di Indonesia. Memang secara Nomenklatur, pandangan tentang Nations-Kebangsaan adalah pandang seorang Filsuf Prancis Ernest Renan, yang kemudian diadaptasi oleh Soekarno.
Soekarno lalu berujar, bangsa itu adalah Hasrat untuk hidup bersama.
Sebab kita pernah dicakar selama 350 tahun oleh Balanda bin kolonial.

Tetapi Nasionalisme (kebangsaan) Indonesia ini, tidak seperti Nasionalisme ala Michael Havlac yang mendirikan Partai Bus sebagai penanda kebangkitan yang berimpresi sekuler. Kebangsaan kita adalah kebangsaan yg religius, tidak memisahkan antara negara dan agama.

Maka konsep Kebangsaan kita Masih Rapuh secara Nomenklatur.

Jika agama dan negara berbenturan, maka pasti negara kalah dan agama yang menang. kata seorang Filusuf Prancis, “Jean- Jacques Rousseau” dalam Bukunya “Kontrak Sosial”, kurang lebih begini; Dibutuhkan sebuah “agama baru”, namanya “Agama sipil”, “agama Madani” yang mewakili semua agama dan keragaman. Agama itu bernama Konsitusi. Pangkal dari konsitusi kita ialah Pancasila.

Pancasila itu kesepakatan, kompromi terbaik Pendiri bangsa ini. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun memberikan Legitimasi atas Kesepakatan agung itu dengan istilah “Mitsaqan Ghalidzha” (Perjanjian yang kuat/kokoh).
Cak Nur Misalnya menyebutnya sebagai ” KalimatunSawa’ ”
(Kesepakatan Agung)

Editor: Sya’ban Sartono Leky