Pantang Menyerah Dalam Menyelesaikan Pendidikan

418
Nonci Irawan (Mahasiswi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia UNIKA St. Paulus Ruteng)

BIDIKNEWS.id – Apapun yang terjadi pada kita dalam menyelesaikan pendidikan, kita tidak boleh melakukannya dengan kata menyerah. Apalagi kita sebagai mahasiswa banyak sekali tugas-tugas yang kita kerjakan dan harus diselesaikan. Sebanyak apapun tugas yang diberikan oleh bapak atau ibu dosen, kita harus kerjakan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab tanpa harus menyerah. Karena apa yang kita inginkan dan yang kita impikan tidak mudah menggapainya. Oleh karena itu, kita tidak boleh menyerah.

Kita sebagai mahasiswa tentunya ingin mendapatkan pendidikan yang baik dan bermutu. Oleh sebab itu, selesaikanlah pendidikanmu sesuai dengan apa yang kamu impikan. Kejarlah pendidikanmu sebaik mungkin tanpa ada kata menyerah. Karena pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan utama dalam hidup.

Pendidikan juga membantu kita untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang sangat penting dan membuka cendela cakrawala yang lebih luas. Sebab, pendidikan adalah hak setiap warga negara. Namun masih banyak anak bangsa yang belum menikmati hal tersebut.

Pendidikan sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Antara lain, pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan dan penelitian.

Pendidikan sering terjadi dibawah bimbingan orang lain, tetapi ada juga yang didapat dengan sendirinya tanpa bantuan (bimbingan) orang lain.

Dengan perkembangan zaman globalisasi di dunia pendidikan yang terus berubah, sehingga banyak pola pikir yang buruk dapat diubah menjadi pola pikir yang baik. Hal tersebut sangat mempengaruhi daalm kemajuan pendidikan.

Tujuan dari pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memilki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita-cita yang diharapkan dan mampu beradaptasi secara tepat dan cepat didalam berbagai lingkungan. Karena pendidikan itu sendidri memotivasi diri kita lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

Secara bahasa, defenisi pendidikan adalah proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui uapaya pengajaran dan pelatihan. Dengan pendidikan kita dapat mencapai apa yang kita impikan dengan sungguh. Oleh karena itu jangan pernah abai dalam hal pendidikan, apalagi sampai ada kata menyerah. Karena pendidikan itu sangat bermanfaat untuk kita semua. Jika kita ingin mendapatkan pendiddikan yang sangat baik, kita tidak boleh malas dan jangan mudah menyerah. Tentunya kita harus meningkatkan kemampuan belajar kita.

Bebearapa defenisi pendidikan menurut para ahli, sebagai berikut:

• Menurut Ki Hajar Dewantara (yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional), menjelaskan tentang pendidikan yaitu tuntutan dalam hidup tumbuhnya anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya.

• Menurut H.Horne, pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi mahluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti termanifestasi dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemanusian dari manusia.

• Menurut Plato, pendidikan adalah sesuatu yang dapat membantu perkembangan individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang dapat memungkinkan tercapaianya sebuah kesempurnaan.

Dari beberapa uraian pengertian pendidikan menurut para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain sehingga dapat memungkinkan tercapainya sebuah kesempurnaan.

Cara kita belajar untuk mendapatkan pendidikan yang baik secara efektif, diantaranya:

1. Menjadikan belajar itu sebagai kebutuhan.
Artinya, belajar yang tak lagi dalam keadaan tertekan, tetapi melakukannya dengan sukacita. Ketika kita belajar dengan sukacita, secara otomatis apa yang kita belajar itu mudah dipahami.

2. Belajar di tempat yang kita suka.
Dengan belajar di tempat yang kita suka itu mood kita terasa nyaman saat belajar. Memilihlah tempat belajar itu sesuai dengan selera. Tempat belajar juga bisa membantu kita belajar dengan tenang.

3. Berperan menjadi guru.
Setelah kita belajar, kita berusaha untuk berperan menjadi guru. Jelaskan kembali apa yang sudah kita belajar sebelumnya dengan gaya bahasa kita sendiri.

4. Buat latihan ujian.
Cara ini dapat membantu kita untuk mencegah kejenuhan. Karena dengan kita membaca terus, otomatis kita ada rasa jenuh dan bosannya juga. Maka dari itu, marilah membuat latihan seolah kamu sedang melakukan ujian. Dengan itu rasa jenuh itu akan hilang.

5. Pelajari kembali materi.
Setelah kita paham apa yang kita pelajari tersebut, kita juga harus mencari tahu dan menganalisis kebenaran dari materi yang kita pelajari.

6. Membaca ringkasan.
Waktu yang sangat tepat disaat kita membaca ringkasan yakni sebelum tidur. Itu merupakan salah satu cara yang baik untuk membantu proses mengingat, karena itu membaca kembali ringkasan yang sudah kita buat sebelumnya dan juga salah satu cara untuk memulihkan kembali materi yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Jika kita ingin mendapatkan pendidikan yang layak dan baik kita tidak boleh menyerah apalagi terlarut dalam kemalasan. Bangkitlah dari kemalasan itu dan belajarlah dengan semangat, rajin dan tabah dalam menggapai sebuah impian. Siapa dan apapun profesi kita, jangan sampai kita mudah sekali jatuh dalam kata menyerah. Karena harus disadari bahwa, didalam setiap perjalanan hidup pun ada hal yang membuat kita tidak pernah luput dari kata masalah dan itu akan sangat mudah membuat kita menyerah. Tetapi kita selalu yakin bahwa dalam setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Begitupun juga dengan pendidikan, seberat apapun kita untuk memperjuangkan itu, jangan pernah mengenal kata menyerah, karena dengan kita menyerah, apa yang kita impikan itu semuanya akan berakhir sampai di titik dimana kita harus menyerah.

Menurut saya, jika kita melakukan atau ingin mendapatkan sesuatu yang kita inginkan tentunya tidak mudah untuk mendapatkannya, maka dari itu lakukan segala sesuatu dengan tabah dan rendah hati tanpa ada kata menyerah. Demikian dengan hal pendidkan, jika kita ingin mendapatkan pendidikan yang baik dan bermutu tentunya itu merupakan salah satu proses yang sangat sulit bagi kita.

Agar terhindar dari kesulitan itu maka selalu ada kata “tidak boleh menyerah”. Jangan pernah berpikir bahwa, belajar adalah hal yang sangat buruk, tetapi berfikirlah bahwa belajar adalah hal yang sangat istimewa dalam hidup.

Sebelum mengakhiri tulisan saya pada teks ini, saya ingin membagikan kata-kata motivasi dan semoga kita semua dapat terbangun kesadaran akan pentingnya “jangan ada kata menyerah” dalam proses menyelesaikan pendidikan.

• Jangan pernah berhenti belajar.
• Percayalah bahwa sikap pantang menyerah itu tidak pernah kalah.
• Harus ada dorongan dalam diri sendiri untuk selalu belajar.
• Teruslah bergerak maju dalam meraih impianmu tanpa harus menyerah.
• Pembelajaran tidak didapat dengan kebetulan.
• Berusaha mencari dengan semangat dan dijalani dengan tekun.
• Bersemangatlah dalam mempelajari sesuatu yang sangat bermanfaat dan
• Lakukanlah dengan sungguh-sungguh tanpa ada unsur paksaan dari orang lain.

Penulis: Nonci Irawan (Mahasiswi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia UNIKA St. Paulus Ruteng)
Editor: Markus Kari

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Prev 1 of 6 Next
Prev 1 of 6 Next