Pelantikan dan Pengukuhan Para Gallarrang Tujua dan Karaeng-Karaeng

520

Bidiknews – Dalam acara memperingati masuknya Islam di kerajaan tallo kemudian dirangkaikan dengan acara pengukuhan dan pelantikan para gallarang tujua,Tumbu Appaka, Para Jannang, Para karaeng- karaeng, pengurus DPD, DPC Sekota Makassar, Laskar lembaga adat DPD, DPC Sekota Makassar dan penganugerahan tanda kehormatan kepada tokoh adat kerajaan tallo.

Turut dilantik juga Dr.Baharuddin,S.H,.M.H., Fetrus Edy, S.H., Karaeng Tojeng dan Muh.ikbal,S.H, Karaeng Mannojengang dan dihadiri para Karaeng dari galesong Andi Mallarangeng Karaeng Gassing, Karaeng galesong, Beserta Dewan adat Bate salapanga.

Advertise

Adapun para Karaeng Karaeng yaitu sebagai pendiri di kerajaan tallo yaitu sebagai berikut:
Tumbu appaka
Gallarrang Bira
Gallarrang sudiang
Gallarrang biringkanaya
Gallarrang mongcong loe
Krg loe RI Katingan
Krg loe RI barasa
Krg loe RI karampuang
Krg loe RI bululoe
Krg loe nipakoccika RI Pao pao
Gallarrang jujua ( para matoa di Kerajaan Tallo)
Yaitu
Gallarrang Tallo
Gallarrang Pannampu
Gallarrang Ujung tanah
Gallarrang Rappo Jawa
Gallarrang Rappo kalling
Gallarrang Kaluku bodoa
Beserta para krg tukajannangngan dan para anrong guru dan pelantikan DPD dan DPC lembaga adat passereanta firman sombali kerajaan Islam kembar Gowa tallo sekota Makassar dan pelantikan laskar lembaga adat DPD dan DPC sekota Makassar.

Dewan Hukum dan HAM yang turut dilantik yaitu Dr. Baharuddin, S.H,.M.H, Muhammad Bin Kasan, S.H. Andi Acho Gheger Karaeng Sau, Fetris Edy, Muh Ikbal, S.H., Karaeng Mannojengang.

Turut pula dihadiri kabib sejarah kebudayaan dan pariwisata provinsi Sulawesi Selatan dan beliau juga sangat mendukung pelantikan para gallarrang sebagai perangkat tallo guna untuk budaya kita di Makassar.

Laporan : (Red)